Gempa 2 Kali Beruntun Guncang Pidie Aceh, BMKG Minta Warga Tenang

Kastolani, Okezone ยท Selasa, 18 September 2018 - 17:54 WIB
Gempa 2 Kali Beruntun Guncang Pidie Aceh, BMKG Minta Warga Tenang

Gempa tektonik dua kali berturut-turut dalam selang lima menit mengguncang wilayah Sigli, Pidie, Aceh, Selasa (18/9/2018). (Foto: Ilustrasi)

ACEH, iNews.id – Warga Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh dibuat panik dengan gempa tektonik yang terjadi dua kali beruntun dalam waktu berselang lima menit. Gempa tersebut masing-masing berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) dan 4,0 SR, Selasa (18/9/2018).

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I'e Banda Aceh melaporkan, gempa pertama 4,8 SR terjadi pukul 14.33 WIB dengan posisi titik episentrum di 5,17 lintang utara, dan 96,23 bujur timur.

Gempa susulan tepatnya 10 kilometer arah tenggara Sigli dan memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer di dalam tanah.

"Adanya laporan dari warga menunjukkan bahwa dampak gempa berupa guncangan dirasakan di daerah Sabang dan Pidie Jaya dalam skala intensitas II SIG-BMKG dan II hingga III MMI," ucap Kepala Stasiun Geofisika Mata I'e Banda Aceh Eridawati.

BACA JUGA:

Gempa Kembali Guncang Kupang, Bermagnitudo 4,6 SR

Kupang 2 Kali Diguncang Gempa dalam 5 Menit

Dia mengatakan, ditinjau dari titik kedalaman hiposenternya, maka gempa bumi itu termasuk klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas sesar Pidie Jaya.

"Kepada warga di sekitar wilayah Sabang dan Pidie Jaya kita imbau agar tetap tenang, tak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," kata dia.

Siswanto, seorang warga Sabang, mengaku merasakan getaran gempa yang berpusat di Sigli itu. "Sebagian warga di Kota Sabang merasakan adanya getaran gempa bumi," ujarnya.

 


Editor : Kastolani Marzuki