Gempa 4,5 SR Guncang Kabupaten Pidie, Tidak Berpotensi Tsunami

Antara ยท Jumat, 28 September 2018 - 20:55 WIB
Gempa 4,5 SR Guncang Kabupaten Pidie, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa. (Foto: Okezone)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANDA ACEH, iNews.id - Gempa tektonik dengan kekuatan 4,5 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Jumat (28/9/2018) malam. Gempa yang terjadi pada pukul 18.31 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I'e Banda Aceh menyebut, titik episentrum gempa bumi berlokasi 4,88 Lintang Utara (LU) dan 96,02 Bujur Timur (BT).

Gempa kali ini terjadi di darat pada jarak 27 kilometer arah barat laut Geumpang, Pidie, dengan kedalaman 10 kilometer. Hingga berita gempa bumi ini diturunkan, belum ada kerusakan terutama bangunan yang dilaporkan oleh instansi terkait di Pidie.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik 7,7 SR mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Lokasi gempa berada di 0,18 Lintang Selatan dan 119.85 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut sangat dirasakan warga hingga mereka berhamburan keluar menyelamatkan diri. BMKG menyatakan gempa tersebut berpotensi tsunami. Namun tak berapa lama, peringatan dini tsunami pun dicabut.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 6 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah mengakibatkan satu orang tewas dan 10 lainnya luka-luka, serta puluhan rumah rusak.


Editor : Himas Puspito Putra