Karhutla di Aceh Barat Meluas, Api Menyebar hingga 3 Kecamatan

Afsah ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:39 WIB
Karhutla di Aceh Barat Meluas, Api Menyebar hingga 3 Kecamatan

Proses pemadaman api di lahan gambut terbakar. (Foto: Dok iNews).

ACEH BARAT, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, semakin meluas. Titik api kini tersebar di tiga kecamatan dan api semakin sulit dikendalikan.

Pantauan iNews, petugas dibantu warga di Desa Suak Pangkat, Kecamatan Bubon, memadamkan api di lokasi mudah terjangkau dengan alat seadanya supaya tidak merambat ke perkebunan mereka.

"Api semakin meluas karena kemarau panjang," kata seorang warga, Syarif, di lokasi kebakaran lahan di Desa Suak Pangkat, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Kamis (1/8/2019).

BACA JUGA: 18 Titik Panas Terpantau di Aceh Diindikasi akibat Karhutla

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, karhutla semakin meluas dan sudah menjangkau tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Jonan Pahlawan, Woya Barat dan Bubon.

Kebakaran yang paling terparah terjadi di Kecamatan Bubon. Dampaknya, kabut asap menyelimuti jalan lintas provinsi dan sejumlah wilayah.

Kapolsek Bubon, Iptu Utra P mengatakan, polisi masih memburu pelaku pembakar lahan tersebut. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan untuk mencari tahu siapa dalang karhutla di tiga kecamatan Aceh Barat itu.

"Kami berjanji akan memburu siapa dalang pembakar lahan tersebut," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal