Kebakaran Lahan di Aceh Barat, Asap Mulai Menganggu Kesehatan Warga

Afsah ยท Kamis, 31 Januari 2019 - 12:38 WIB
Kebakaran Lahan di Aceh Barat, Asap Mulai Menganggu Kesehatan Warga

Ilustrasi kabut asap menganggu warga. (Foto: Okezone).

ACEH BARAT, iNews.id - Akibat kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh sejak Rabu (30/1/2019) kemarin, kabut asap tebal kembali menyelimuti jalan lintas provinsi di daerah tersebut. Warga pun harus menggunakan masker saat menjalankan aktivitas.

Warga di sana, Zainudin mengatakan, asap ini sudah mulai menganggu masyarakat. Bahkan, tidak sedikit anak-anak yang mulai mengalami gangguan kesehatan.

"Anak-anak banyak yang sudah mulai batuk-batuk karena asap," kata dia di pinggir jalan lintas provinsi di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (31/1/2019).

Dia berharap pemerintah daerah (pemda) bisa mengambil sikap atas kebakaran yang rutin terjadi. Menurut dia, kondisi seperti ini sudah menjadi kasus tahunan, di mana selalu ada kebakaran lahan gambut.

Dugaan sementara ada orang yang sengaja membakarnya untuk keperluan membuka area lahan baru. Namun Zainudin sendiri tidak tahu siapa oknum yang telah melakukannya.

"Saya tidak tahu, tapi yang jelas selalu ada kebakaran seperti ini setiap tahunnya," ujar dia.

Kebakaran lahan gambut yang terjadi sejak kemarin ini telah mencapai luas enam hektare lebih, tersebar di tiga desa, yakni Desa Lapang, Desa Leuhan dan Desa Suak Raya. Pihak BPBD Aceh Barat dibantu aparat TNI kini masih berupaya memadamkan api di sana.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal