Mesin Rusak, Kapal Sabuk Nusantara Kandas di Kuala Singkil

Antara ยท Kamis, 27 September 2018 - 20:45 WIB
Mesin Rusak, Kapal Sabuk Nusantara Kandas di Kuala Singkil

Kapal kandas akibat mengalami kerusakan mesin. (Foto: Dok.iNews.id)

MEULABOH, iNews.id - Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 35 yang membawa belasan penumpang kandas di Kuala Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Peristiwa itu terjadi diduga akibat kapal mengalami kerusakan mesin saat hendak berlayar ke Pulau Banyak, Rabu (26/9/2018) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Seluruh penumpang baik anakanak, bayi maupun orang tua berhasil dievakuasi, Kamis (27/9/2018) pagi.

Seorang penumpang, Safrin mengatakan, kapal tiba-tiba berhenti pada Rabu (26/9) pukul 19.00 WIB saat hujan sangat lebat dan gelap. "Kami merasa terkejut kapal yang kami tumpangi seperti ada suara menabrak kayu. Ternyata kapal sudah kandas ke tepi pantai, lebih kurang 30 meter dari bibir pantai muara singkil Desa Pulo sarok," ucapnya.

Kepala Kantor UPP Syahbandar Singkil, Yanrizal mengatakan, KM Sabuk Nusantara 35, mengangkut 12 orang penumpang bertolak dari Pelabuhan Kargo tujuan Pulau Banyak, namun baru setengah jam pelayaran tiba-tiba terhenti di Sisi Muara Singkil sekitar pukul 19.30 WIB.

“Saat hendak berlayar ke Pulau Banyak, kapal gagal beroperasi karena kerusakan mesin dan kandas di Kuala Singkil. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu," kata Yanrizal.

BACA JUGA: Kapal Pengangkut 53 Mahasiswa Baru USN Kandas di Perairan Kolaka

Dia mengatakan, kapal perintis bernama KM Sabuk Nusantara 35 yang dinakhodai Kapten Arusmon Madule, membawa belasan penumpang hendak berangkat menuju Pulau Banyak.

Kronologis kandasnya kapal tersebut masih ditelusuri karena harus menanyakan terlebih dahulu kepada kapten kapal tersebut, dan pihaknya harus mengutamakan tindakan pertama menyelamatkan penumpangnya terlebih dahulu.

KM Sabuk Nusantara 35 adalah Kapal pengganti sementara melayani pelayaran penumpang Singkil-Pulau Banyak, karena saat ini kapal Feri Teluk Singkil dalam pernbaikan mesin di Galangan Pelabuhan Belawan Sumatera Utara.

Kepala UPTD Pelabuhan pada Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Balgari mengatakan ada 12 penumpang KM Sabuk Nusantara 35 saat peristiwa kandasnya kapal dan sudah berhasil dievakuasi.

"Penumpang semuanya sudah dievakuasi dan selamat, terdiri dari 10 orang dewasa dan dua orang balita, kesemuanya baik-baik saja, kendati sempat bermalam di kapal akibat kandas," ujarnya.

Dia menyebutkan, KM Sabuk Nusantara 35 sering singgah di Pelabuhan Singkil dan membawa penumpang ke Pulau banyak, belum diketahui persis asal kapal tersebut, namun yang pasti kapal selalu datang dari Lohkseumawe tujuan Singkil.

 


Editor : Kastolani Marzuki