Partai Aceh Dominasi Perolehan Suara Pemilu di Lhokseumawe

Antara ยท Minggu, 21 April 2019 - 12:04 WIB
Partai Aceh Dominasi Perolehan Suara Pemilu di Lhokseumawe

Anggota KPPS menunjukkan surat suara kepada para saksi saat penghitungan suara di salah satu TPS di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (18/4/2019). (Foto: Antara)

LHOKSEUMAWE, iNews.id – Partai Aceh (PA) unggul sementara dalam perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) untuk tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Suara salah satu partai lokal terbesar di Aceh tersebut mendominasi apabila dibandingkan dengan partai lain.

Data yang dirilis oleh Tim Desk Pemilu 2019 Kota Lhokseumawe menyebutkan, dominasi perolehan terlihat di hampir semua daerah pemilihan (Dapil) di Kota Lhokseumawe. Di kota ini ada empat dapil yakni, Dapil 1 Banda Sakti, Dapil 2 Muara Dua, Dapil 3 Blang Mangat dan Dapil 4 Muara Satu.

“Berdasarkan data yang terus kita input, hampir semua daerah pemilihan tersebut menunjukkan bahwa perolehan suara terbanyak sementara adalah Partai Aceh,” ungkap Sekretaris Tim Desk Pemilu 2019 Pemerintah Kota Lhokseumawe, Rifialsyah, Minggu (21/4/2019).

BACA JUGA:

Update Real Count KPU: Jokowi-Ma'ruf 54,26%, Prabowo-Sandi 45,74%

Ulama Aceh Ajak Masyarakat Bersatu Kembali

Data menunjukkan, hampir semua dapil di Kota Lhokseumawe, Partai Aceh lebih unggul perolehan suaranya. Di bawahnya terdapat sejumlah partai lain yang juga membayang-bayangi perolehan suara kedua setelah Partai Aceh.

“Selain Partai Aceh yang mendominasi perolehan suara di Kota Lhokseumawe, di bawahnya ada juga partai lain seperti PAN, Demokrat, PKS, PNA, dan PKB, Gerindra, serta beberapa partai nasional lainnya,” ujar Rifialsyah.

Sementara itu, partai yang memperoleh suara terbanyak untuk pemilihan tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Kota Lhokseumawe juga Partai Aceh. Setelah itu, disusul Gerindra pada urutan kedua dan PKS, Golkar, NasDem, serta beberapa partai lainnya.

“Ini data sementara yang berhasil kami input. Untuk kepastian berapa jumlah pastinya, kita tunggu pengumuman dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe yang akan mengumumkannya,” katanya.


Editor : Maria Christina