Pascakebakaran, Napi Larang Polisi Masuk ke Rutan Kelas IIB Sigli Aceh

Jamal Pangwa, Antara ยท Senin, 03 Juni 2019 - 18:36 WIB
Pascakebakaran, Napi Larang Polisi Masuk ke Rutan Kelas IIB Sigli Aceh

Suasana Rutan Kelas IIB Sigli Kabupaten Pidie Aceh saat api belum berhasil dipadamkan. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

BANDA ACEH, iNews.id – Pascakebakaran, para narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, melarang petugas kepolisian memasuki Rutan tersebut. Mereka hanya mempersilakan perwakilan Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Bapak-bapak polisi tolong jangan masuk dulu, yang boleh masuk perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,” kata dua orang perwakilan napi kepada Kabag Operasi Polres Pidie, Kompol Juli di pintu utama Rutan Kelas IIB Sigli, Senin (3/6/2019).

Rutan Negara Kelas IIB Sigli terbakar sekitar pukul 11.30 WIB tadi. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie menurunkan sebanyak empat mobil pemadam kebakaran dan saat ini titik api sudah padam.

BACA JUGA:

Lapas di Pidie Aceh Terbakar, Polisi Bersenjata Lengkap Amankan Lokasi

Lapas Kelas IIB Pidie Aceh Terbakar, Napi Lempari Petugas dengan Batu

Perwakilan napi tersebut mengatakan, Kepala Rutan Kelas IIB Sigli, Mathrios Zulhidayat berada di dalam dan berpesan agar Kakanwil Kemenkumham Aceh masuk ke dalam dan bermusyawarah di musala.

Ratusan personel polisi dari Polres Pidie dilengkapi senjata laras panjang dan perisai serta tongkat pentungan masih berjaga-jaga di luar Rutan tersebut. Selain personel polisi, Kodim 0102/Pidie juga menurunkan sejumlah anggotanya untuk mengamankan Rutan Negara Kelas IIB Sigli.

Petugas melarang pihak yang tidak berkepentingan untuk melintasi jalan di depan rutan karena para napi sempat melempari petugas dari dalam rutan dengan batu.

Kapolresta Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar dan Kodim 0102/Pidie terlihat turun dan mengamankan lokasi Lapas. “Mohon bersabar ya, kami sedang sibuk,” kata Kapolresta Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar singkat di depan Rutan Kelas IIB, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi mengenai penyebab kebakaran di rutan yang dihuni oleh 469 napi itu. Informasi yang diperoleh menyebutkan, Rutan Kelas IIB Pidie sengaja dibakar para napi karena dipicu para napi yang mengamuk kepada petugas rutan karena mengambil barang mereka. Namun, ada juga keterangan yang menyebutkan kebakaran dipicu hubungan arus pendek listrik. 


Editor : Maria Christina