Polda Aceh Musnahkan Ratusan Ganja dan Sabu Hasil Sitaan Selama 2018

Antara ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 15:31 WIB
Polda Aceh Musnahkan Ratusan Ganja dan Sabu Hasil Sitaan Selama 2018

Polda Aceh memusnahkan ratusan kilogram narkoba jenis ganja dan sabu-sabu hasil sitaan polisi sepanjang 2018. (Foto: Antara).

BANDA ACEH, iNews.id - Polda Aceh memusnahkan ratusan kilogram narkoba jenis ganja dan sabu-sabu hasil sitaan polisi sepanjang 2018. Pemusnahan ini dilakukan di Mapolda Aceh, Kota Banda Aceh dipimpin langsung Kapolda, Irjen Pol Rio S Djambak.

Adapun barang bukti narkoba yang dimusnahkan yakni ganja dengan berat 795,5 kilogram dan sabu seberat 18,8 kilogram, dengan cara dibakar. Narkoba ini merupakan barang bukti yang kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap.

BACA JUGA: Pemusnahan 240 Kilogram Sabu yang Diselundupkan Melalui Mesin Cuci

"Narkoba yang dimusnahkan ini merupakan hasil penindakan Polda Aceh dan jajaran di tingkat kepolisian resor. Pemilik atau pelakunya juga sudah diputus di pengadilan," kata Kapolda Rio di sela proses pemusnahan narkoba, Kamis (27/12/2018).

Selain hasil penindakan polisi, narkoba yang dimusnahkan tersebut juga hasil penyerahan dari pencegahan penyeludupan oleh petugas bandara, dan penyerahan dari perusahaan jasa pengiriman.

BACA JUGA: Bongkar Jaringan Narkoba Aceh-Jakarta, Polda Metro Sita 1,4 Ton Ganja

"Kami mengajak semua pihak ikut bersama-sama memberantas narkoba. Mari jadikan narkoba musuh bersama. Narkoba ini merupakan ancaman nonmiliter bagi negara," ujar dia.

Pemusnahan barang terlarang itu disaksikan oleh Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda, Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal, pejabat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal