Pria Bugil di Google Maps dan Protes Hukum Syariat Islam di Aceh, Wali Kota Ajak Warga Lapor

Okezone.com, Windy Phagta ยท Senin, 04 November 2019 - 17:56 WIB
Pria Bugil di Google Maps dan Protes Hukum Syariat Islam di Aceh, Wali Kota Ajak Warga Lapor

Pria bugil terlihat saat mengetik Banda Aceh di Google Maps. (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH, iNews.id – Seorang pria bugil muncul di aplikasi Google Map jika warga mengetik Banda Aceh. Tak hanya itu, pria tersebut juga menunjukkan tulisan Protest Sharia Law.

Pria telanjang ini akan muncul dengan dua foto yang berbeda pada street view Jalan TM Pahlawan, Banda Aceh. Pertama, dia muncul dengan menggunakan topi abu-abu dan kacamata.

Sambil memegang tongsis, dia menunjukan telapak tangannya yang bertuliskan Protest Sharia Law. Sementara pada foto kedua, pria tersebut berpose bugil di depan toilet sambil mengacungkan jempol.

Hal ini dianggap menghina Aceh. Akibat kejadan ini, muncul petisi melalui pesan berantai Whatsapp untuk melaporkan foto pria bugil tersebut.

BACA JUGA: Penyelidik Internasional Ungkap Situs Porno Anak Terbesar di Dunia, 337 Orang Ditangkap

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengharapkan peran aktif warga untuk ikut melaporkan segala hal jika ada konten yang menyinggung ranah pribadi atau kedaerahaan.

“Jika banyak aduan yang diterima atau report, maka pihak Google pun akan segera mengambil tindakan penghapusan konten,” katanya, Senin (4/11/2019).

Aminullah menambahkan, pemerintah kota sedang meminta pertimbangan ahli hukum, terkait pelaporan ke polisi tentang penayangan konten tersebut. Termasuk user atau pengguna yang melakukan unggahan konten.

Dinas Kominfo dan Statistik Kota Banda Aceh juga telah melaporkan konten negatif tersebut melalui situs aduankonten.id Kementerian Kominfo.

“Secara paralel, Pemerintahan Kota Banda Aceh melalui Diskominfotik juga sudah melakukan report konten ke Google Indonesia,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah