Rusuh di Lapas Banda Aceh, 113 Napi Kabur dan Rusak Fasilitas Lapas

Antara ยท Kamis, 29 November 2018 - 21:20 WIB
Rusuh di Lapas Banda Aceh, 113 Napi Kabur dan Rusak Fasilitas Lapas

Petugas Polresta Pekalongan dibantu petugas lapas mencari napi yang kabur. (Foto: Dok.iNews.id)

BANDA ACEH, iNews.id – Sejumlah fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Banda Aceh, kawasan Lambaro, Aceh Besar, rusak menyusul kerusuhan yang dilakukan para narapidana (napi) di lapas tersebut, Kamis (29/11/2018) malam. 


Setelah merusak jendela dan pintu, sebanyak 113 napi berhasil melarikan diri. Hingga kini, petugas gabungan masih mengejar para napi tersebut.

"Sebanyak 113 narapidana dan tahanan dilaporkan melarikan diri. Saat ini mereka sedang dalam pengejaran aparat kepolisian. Polisi masih berjaga-jaga di LP ini," kata seorang petugas penjara.


Dia menyebutkan, akibat kerusuhan tersebut sejumlah jendela kaca dan fasilitas lapas lainnya hancur. Para penghuni penjara tersebut juga dilaporkan kabur melalui pintu utama. Belum diketahui penyebab kerusuhan Lapas Kelas IIA Banda Aceh tersebut.

BACA JUGA:

Lapas Banda Aceh Rusuh, Sejumlah Napi Mengamuk dan Melarikan Diri

19 Napi Kabur dari Lapas Wamena Papua

Kerusuhan yang lebih parah juga pernah terjadi di LP Kelas IIA Banda Aceh tersebut awal 2018 lalu. Ratusan penghuni penjara membakar bangunan kantor penjara tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penjara tersebut dihuni sekitar 500 narapidana dan tahanan. Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.


Editor : Kastolani Marzuki