Sepasang Remaja yang Bersetubuh di Masjid di Aceh Diancam Sanksi Adat

Jamal Usis, Okezone ยท Senin, 25 Februari 2019 - 16:16 WIB
Sepasang Remaja yang Bersetubuh di Masjid di Aceh Diancam Sanksi Adat

Warga mengamankan remaja laki-laki yang tepergok berbuat mesum dengan kekasihnya di Masjid Jamik Baitul Muttaqin, Desa Suka Damai, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (24/2/2019). (Foto: iNews/Jamal Usis)

BANDA ACEH, iNews.id – Sepasang remaja yang tepergok bersetubuh di lantai dua Masjid Jamik Baitul Muttaqin, Desa Suka Damai, Lembah Seulawah, Saree, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Minggu (24/2/2019), terancam dikenakan sanksi adat. Aksi kedua pelajar SMA itu membuat warga setempat marah.

Kedua pelaku, MR (16) dan DF (17), saat ini masih dalam pemeriksaan intensif petugas Satpol Pamong Praja (PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) Provinsi Aceh.


BACA JUGA: Sepasang Remaja Dipergoki Bersetubuh di Lantai 2 Masjid di Aceh Besar


Kepala Satpol Pamong Praja (PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) Aceh Besar, Rusli mengatakan, pihaknya akan melihat aturan kembali terkait sanksi yang tepat dikenakan kepada mereka karena kedua pelaku masih pelajar. Kemungkinan, kedua remaja itu tidak dikenakan hukum jinayah, namun akan menggunakan hukum adat berupa denda atau dinikahkan.

“Pelajar, SMA dua-duanya. Masih anak-anak di bawah umur. Mungkin akan ditempuh jalur lain seperti hukum adat, tapi kita lihat aturan yang jelas bagaimana. Tidak bisa kita proses dulu,” ujar Rusli, Senin (25/2/2019).

Sementara Kepala Satpol PP dan WH Aceh, Dedy Yuswadi mengatakan, kedua remaja itu hanya dititipkan di Kantor Satpol PP dan WH Aceh. Sementara prosesnya tetap akan dilakukan di Aceh Besar. Karena kedua pelaku masih di bawah umur, penanganan kasus itu akan diserahkan ke penyidik anak di Polda Aceh.

“Satpol PP dan WH di Aceh belum memiliki penyidik anak, jadi nanti kami serahkan ke Polda. Itu semua prosesnya dilakukan Satpol PP dan WH Aceh Besar. BAP-nya semua di Aceh Besar. Penahanan tergantung penyidik, biasanya 15 hari,” ujar Dedy.

Warga memergoki sepasang kekasih itu sedang berhubungan badan di lantai 2 masjid, menjelang salat magrib. Perbuatan tidak senonoh mereka juga sempat direkam warga yang memergoki. Saat ini, video tersebut viral di media sosial.

Warga pun langsung mengamankan pasangan yang sedang dimabuk asmara itu ke Pos Polisi Saree, Aceh Besar. Untuk menghindari amukan warga, kedua pelaku digiring ke Malpolres Jantho Aceh Besar. Namun, Senin pagi tadi, kedua pelaku dibawa ke Kantor Satpol PP dan WH Provinsi Aceh untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Editor : Maria Christina