Tertimbun Longsor, Akses Jalan Meulaboh-Geumpang Aceh Lumpuh

Antara ยท Kamis, 25 April 2019 - 18:46 WIB
Tertimbun Longsor, Akses Jalan Meulaboh-Geumpang Aceh Lumpuh

Ilustrasi pembersihan material longsor. (Foto: Dok iNews).

MEULABOH, iNews.id - Tanah longsor terjadi di kawasan Gampong Tungkop, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Material longsor menutupi badan jalan sekitar 20 meter sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

Sekretaris BPBD Aceh Barat, Darmawan mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 10.23 WIB. Lokasinya ada di tiga titik, sehingga membuat akses jalan lumpuh total.

"Material longsor berupa tanah, batu, dan pohon menutupi badan jalan sekitar 20 meter," kata dia kepada wartawan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Kamis (25/4/2019).

Bencana alam tersebut terjadi diperkirakan sudah sejak Kamis dini hari, karena guyuran hujan di kawasan pegunungan Aceh Barat terpantau tinggi. Hal ini membuat bebatuan dan tanah gunung berjatuhan ke badan jalan.

Darmawan menyampaikan, tim Satuan Tugas (Satgas) Reaksi Cepat BPBD Aceh Barat telah turun untuk melakukan upaya penanganan bencana. Sejumlah alat berat pun telah disiapkan untuk evakuasi.

"Ini tim dalam perjalanan ke lokasi, alat berat tidak dibawa dari Meulaboh karena terlalu jauh dan memakan waktu. Kita upayakan mendapat alat berat yang ada di Tutut agar bisa lebih cepat tertangani," kata dia.

Dia mengatakan, tim BPBD saat ini masih melakukan inventarisasi lokasi bencana alam, sebab diprediksi dengan kondisi curah hujan tinggi tersebut, akan ada potensi banjir.

BPBD akan berupaya seoptimal mungkin untuk mempercepat proses penanganan, berupa menyingkirkan material yang menutupi badan jalan lintas Meulaboh-Geumpang, Kabupaten Pidie, dapat digunakan kembali.

"Mudah-mudahan bisa selesai semua petang ini, tim sudah bergerak. Kondisi hujan lebat masih terus terjadi dan kita mengimbau masyarakat waspada, terutama yang dekat pegunungan dan banjir juga di daerah aliran sungai," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal