Wali Kota Aceh Imbau Warga Tak Rayakan Hari Valentine

Antara ยท Rabu, 30 Januari 2019 - 17:49 WIB
Wali Kota Aceh Imbau Warga Tak Rayakan Hari Valentine

Ilustrasi menolak perayaan Hari Valentine. (Foto: Okezone).

BANDA ACEH, iNews.id - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengingatkan masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh tersebut, khususnya umat Islam, tidak merayakan hari valentine.

Menurut dia, hari valentine bertentangan dengan syariat Islam dan bukan budaya masyarakat Aceh yang mayoritas Islam. Jadi, jangan ada masyarakat di daerah tersebut yang merayakan hari kasih sayang pada 14 Februari nanti.

"Kami sudah mengeluarkan seruan agar generasi muda, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat muslim, tidak merayakan hari kasih sayang tersebut dalam bentuk apa pun," kata Aminullah di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Rabu (30/1/2019).

Dalam seruan itu, Wali Kota juga mengingatkan perhotelan maupun penginapan, lalu restoran tidak memfasilitasi kegiatan hari valentine. Begitu juga di warung kopi, kafetaria, dan tempat hiburan lainnya.

Dia mengatakan, seruan tersebut dikeluarkan dalam rangka menjaga akidah masyarakat muslim Kota Banda Aceh, terutama kalangan generasi muda.

"Seruan ini juga sebagai komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh menegakkan dan melaksanakan syariat Islam secara kaffah (total). Serta mewujudkan Banda Aceh sebagai kota gemilang dalam bingkai syariat," kata Aminullah.

Seruan tidak merayakan hari valentine oleh Wali Kota Banda Aceh sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, seruan serupa sudah ada sejak Wali Kota Banda Aceh dijabat Illiza Saaduddin Djamal (periode 2014-2017).

Wali Kota saat itu merangkul para pelajar untuk menyuarakan tolak perayaan hari valentine. Mereka akan menggelar aksi damai dengan menyerukan hari kasih sayang bukan budaya Islam.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal