2 Napi Kabur dari Penjara Mapolresta Denpasar dan Curi Ponsel Polisi

Antara ยท Senin, 08 April 2019 - 17:53 WIB
2 Napi Kabur dari Penjara Mapolresta Denpasar dan Curi Ponsel Polisi

Ilustrasi napi kabur. (Foto: dok iNews)

DENPASAR, iNews.id – Polresta Denpasar kecolongan. Dua narapidana (napi) yang ditempatkan di sel tahanan melarikan diri. Mereka bahkan mengambil ponsel miliki anggota yang sedang bertugas jaga, Minggu (7/4/2019).

Atas kejadian itu, jajaran Polresta Denpasar kini memburu kedua napi tersebut. Identitas mereka yakni Jemmy Sinaga (38) dan Cristoni Kaledi Bonung (22), keduanya merupakan tersangka atas kasus pencurian.

"Sampai saat ini anggota kami masih melakukan pengejaran kepada kedua tahanan yang kabur," ujar Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddi Setiawan di Mapolda Bali, Senin (8/4/2019).

Menurut keterangan anggota yang berjaga, kedua tahanan tersebut melarikan diri dengan cara merusak pintu gembok sel tahanan. Hal itu sekaligus membantah adanya isu mereka menghipnotis anggota polisi yang tugas piket berjaga di depan sel tahanan.

"Ini murni kelalaian anggota kami yang piket dalam melakukan penjagaan. Mereka tidak siaga sehingga kedua tahanan ini bisa kabur," kata Ruddi.

Dia menegaskan, saat ini ketiga anggota yang saat itu berjaga menjalani pemeriksaan oleh Kasi Propam. Mereka akan diberikan sanksi tegas karena terbukti lalai dalam menjalankan tugasnya.

"Keduanya bisa kabur saat melihat situasi petugas kami yang berjaga sedang meninggalkan sel tahanan untuk keluar sebentar. Saat anggota kembali lagi untuk berjaga Pukul 03.30 Wita, kedua tahanan itu sudah tidak ada di dalam sel," ucapnya.

Saat melarikan diri, keduanya mengambil telepon genggam milik anggota jaga yang diletakkan di atas meja dekat sel tahanan. Posisi ponsel itu sedang diisi ulang baterainya (charge).

"Ada satu telepon genggam milik anggota yang diambil salah satu tahanan kabur ini," ujarnya.

Kedua tahanan yang melarikan diri dari Rutan Polresta Denpasar tersebut merupakan tersangka kasus pencurian.

"Saya meminta mereka (kedua tahanan) yang melarikan diri ini segera menyerahkan diri. Kalau tidak menyerahkan diri, kami akan lakukan tindakan tegas," tutur Ruddi.


Editor : Donald Karouw