2 WNA Kasus Narkotika yang Kabur ke Bali Diekstradisi ke Korsel

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 07 November 2019 - 21:35 WIB
2 WNA Kasus Narkotika yang Kabur ke Bali Diekstradisi ke Korsel

Pengungkapan kasus sabu. (Foto: Dok iNews).

DENPASAR, iNews.id - Pemerintah mengekstradisi dua orang warga negara asing (WNA) asal Malaysia dan Filipina ke Korea Selatan. Keduanya terjerat kasus narkotika jenis metamfetamina, dan kabur ke Kota Denpasar, Bali

Kedua pelaku yakni AG, WNA asal Malaysia dan LTK, WNA asal Filipina. Mereka ditangkap merujuk pada Red Notice atau surat keterangan pencarian orang, karena menjadi buron Interpol atas permintaan Kepolisian Republik Korea.

"Keduanya kedapatan membawa sekitar dua kilogram metamfetamina (sabu) ke Korea Selatan. Namun mereka lolos saat penangkapan dan melarikan diri ke wilayah Bali," kata Direktur Otoritas Pusat Hukum Internasional Kementerian Hukum dan HAM, Tudiono, di DKamis (7/11/2019).

BACA JUGA: Selfie di Tebing, WNA Belarusia Jatuh dan Hilang di Badung Bali

Menurut dia, Pemerintah memang memiliki perjanjian ekstradisi dengan Republik Korea. Penyerahan kedua buronan ini kepolisian Korea Selatan berlangsung di Kejaksaan Tinggi Bali, Kota Denpasar, pukul 15.00 WITA.

Kedua WNA berinisial AG dan LTK, merupakan sindikat pengedar narkoba jaringan internasional. Mereka berhasil lolos saat penyergapan petugas dan melarikan diri ke wilayah Bali pada Juli 2019 lalu.

BACA JUGA: WNA Swedia yang Hilang di Raja Ampat Keluar Hutan dalam Kondisi Selamat

"Keputusan ekstradisi tersebut juga sudah melalui Kepres (Keputusan Presiden), setelah keduanya ditangkap petugas saat berada di Bali," ujar dia.

Proses ekstradisi berjalan lancar dihadiri perwakilan dari pemerintah pusat, yakni Kemenkumham, pihak Kejaksaan Tinggi Bali dan perwakilan Pemerintah Republik Korea.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal