Pura di Jembrana Rusak Tertimpa Pohon Pale yang Tumbang

Sudika ยท Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:17 WIB
Pura di Jembrana Rusak Tertimpa Pohon Pale yang Tumbang

Pohon Pule yang tumbang dan menimba Pura Merajapati di Jembrana, Bali. (Foto: iNews/Sudika)

JEMBRANA, iNews.id – Bangunan Pura Merajapati di Desa Pekeraman Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali, tertimpa pohon Pule yang tumbang, Kamis (30/8/2018). Sebagian besar bangunan pura mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Pantauan iNews di lokasi kejadian, pohon yang telah tumbang itu belum dibersihkan di areal pura, Jumat (31/8/2018). Tampak batang pohon berukuran besar masih melintang di beberapa bagian bangunan yang rusak tertimpa.

Pemangku Pura Dalem Desa Pakeraman Pohsanten Mangku Ketut Sugiana mengatakan, musibah tumbangnya pohon Pule diduga akibat kondisinya yang sudah rapuh. Saat kejadian, tidak ada hujan mau pun angin. Hanya saja, hujan deras sempat mengguyur wilayah Jembrana malam sebelumnya.


Selain faktor cuaca, diduga batang pohon Pule di lahan keburan itu sudah berumur ratusan tahun sehingga batangnya mulai lapuk. Pohon itu diperkirakan memiliki ketinggian lebih dari 25 meter dengan diameter lingkar mencapai hampir dua meter.

Selama ini, pohon Pule tumbuh dan besar di areal kuburan Desa Pakeraman Pohsanten.  Lokasi tumbangnya pohon ini mengarah ke Pura Merajapati sehingga berdampak kerusakan. Kendati demikian, kondisi itu tidak mengurangi niat warga untuk bersembahyang di pura tersebut. “Nanti akan segera kami perbaiki,” kata Mangku Ketut Sugiana, Jumat (31/8/2018).


Editor : Donald Karouw