Pemadaman Total di Bali, Pelayanan Disdukcapil Bangli Sempat Terganggu

Anak Agung Ari Wiradarma ยท Rabu, 05 September 2018 - 17:51 WIB
Pemadaman Total di Bali, Pelayanan Disdukcapil Bangli Sempat Terganggu

Pegawai Disdukcapil Bangli saat sedang melayani administrasi warga. (FotoZ: iNews/Anak Agung Ari Wiradarma)

BANGLI, iNews.id – Putusnya aliran listrik di seluruh wilayah Bali menyebabkan sejumlah pelayanan publik terganggu. Salah satu di antaranya pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangli.

Pantauan iNews, akibat pemadaman listrik sejumlah masyarakat terpaksa menunggu hingga berjam-jam untuk bisa menyelesaikan kepengurusan berkas administrasi kependudukan yang akan dibuat.

Hal itu lantaran sistem pelayanan yang kini berbasis elektronik tidak bisa berjalan karena pemadaman tersebut. Para pegawai hanya bisa menunggu listrik kembali menyala untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Listrik di Bali Padam Total, PLN Minta Maaf

“Tadi memang sempat terjadi gangguan karena ada pemadaman. Apalagi layanan saat ini sudah berbasis IT sehingga sangat ketergantungan dengan listrik,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bangli Nyoman Sumantra, Rabu (5/9/2018).

Kendati tidak terjadi antrean, namun masyarakat cukup resah karena tidak seperti biasanya terjadi pemadaman. “Belum bisa dilayani karena katanya ada mati listrik,” ujar Nengah Gunawan, salah seorang warga.

Diketahui, aliran listrik di wilayah Provinsi Bali mengalami mati total atau black out, Rabu (5/9/2018), sekitar pukul 12.28 Wita. Hingga berita diturunkan, pasokan listrik mulai normal meski belum secara keseluruhan. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan di PLTU Pacitan, kemudian Sutet Paiton dan pembangkit di PLTU Paiton, di Jawa Timur.


Editor : Donald Karouw