Bingung Siapa Ayah dari Anaknya, Ibu di Gianyar Telantarkan Bayi

Nyoman Astana ยท Senin, 28 Januari 2019 - 15:09 WIB
Bingung Siapa Ayah dari Anaknya, Ibu di Gianyar Telantarkan Bayi

Tersangka IW yang kini menjalani proses pemeriksaan lebih lanjur di Mapolres Gianyar Bali. (Foto: iNews/Nyoman Astana).

GIANYAR, iNews.id - Seorang ibu di Kabupaten Gianyar, Bali, tega menelantarkan bayinya di rumah sakit sejak Desember 2018 lalu. Selain tidak ada uang untuk biaya persalinan, wanita ini juga telah berhubungan intim dengan dua orang pria, sehingga tak diketahui siapa ayah biologis anaknya.

Tersangka, IW (24), warga asal Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Dia berdalih terpaksa meninggalkan anak kandungnya, karena tidak tahu siapa bapak dari bayi tersebut.

BACA JUGA: Terungkap, Terduga Pembuangan Bayi di Buleleng Ternyata Pelajar

"Dia dekat dan berhubungan intim dengan dua pria. Sekarang mereka dua-duanya tidak ada yang bertanggung jawab," kata Wakapolres Gianyar, Kompol Adnan Pandibu, di Mapolres Gianyar, Bali, Senin (28/1/2019).

Sementara, tersangka IW mengaku, awalnya ada rekannya yang berniat mengadopsi bayi tersebut. Dia memberikan uang Rp2 juta kepada tersangka, yang kemudian dipakai untuk membayar biaya awal persalinan. Namun, begitu tahu kondisi anaknya membutuhkan perawatan intensif, rencana adopsi dibatalkan.

BACA JUGA: Geger, Siswi SMA di Tulungagung Nekat Buang Mayat Bayi di WC Puskesmas

Bayi dari tersangka memang harus menjalani perawatan di ruangan NICU. Anak malang ini menderita hidrosefalus, suatu kondisi di mana terjadi penumpukan cairan pada rongga otak.

"Akhirnya dia (yang mau mengadopsi) kabur juga. Saya juga tidak berani menengok anak saya, karena tidak ada biaya. Takut nanti malah ditahan," ujar IW.

Anak dari tersangka IW rencananya akan menjalani operasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar. Sedangkan ibunya harus menjalani proses hukum, dan sementara ditahan di Mapolres Gianyar, Bali.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal