Cuaca Buruk, Antrean Kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk Mengular 2 Km

Nyoman Sudika ยท Selasa, 01 Januari 2019 - 22:01 WIB
Cuaca Buruk, Antrean Kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk Mengular 2 Km

Ratusan kendaraan antre di Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang, Jembrana, Bali pada akhir liburan panjang Natal dan tahun baru. (Foto: iNews.id/Nyoman Sudika)

JEMBRANA, iNews.id – Antrean panjang kendaraan terjadi di Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang, Jembrana, Bali, pada akhir libur panjang Natal dan tahun baru, Selasa (1/1/2019).

Kondisi itu terjadi karena pihak pengelola pelabuhan menghentikan sementara aktivitas penyeberangan akibat cuaca buruk di Selat Bali. Imbas penutupan itu, terjadi antrean panjang kendaraan sepanjang lebih dari 2 km hingga perempatan Pura Dalem, Kelurahan Gilimanuk.

Melubernya kendaraan hingga keluar jalan karena lokasi parkir di dalam parkir pelabuhan sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan.

Seorang wisatawan asal Jawa Barat, Ade mengaku sudah dua jam terjebak antrean di luar pelabuhan. “Penyeberangan ditutup karena cuaca buruk, sehingga banyak kendaraan yang tertahan di dalam maupun di luar pelabuhan,” katanya.

BACA JUGA:

Libur Akhir Tahun, Arus Kendaraan di Tol Purbaleunyi Terpantau Padat

Area Istirahat Tol Cipali Padat, Operator Berlakukan Lawan Arus

Perwira Jaga UPP Pelabuhan Gilimanuk, I GN Mahendra mengatakan, penyeberangan Gilimanuk-Ketapang atau sebaliknya sempat ditutup pukul 16.45 WITA akibat cuaca buruk. “Pihak Syahbandar menghentikan aktivitas pelabuhan akibat cuaca buruk berupa hujan deras dan kabut, sehingga mengganggu jarak pandang yang dapat membahayakan aktivitas pelayaran,” katanya.

Menurut dia, aktivitas pelabuhan baru kembali dibuka pukul 17.30 WITA setelah kondisi cuaca di Selat Bali membaik. Pihak ASDP mengoperasikan 32 kapal untuk melayani penyeberangan Gilimanuk-Ketapang selama musim liburan panjang. “Untuk memperlancar arus kendaraan, kami  mempercepat aktivitas bongkar muat di pelabuhan,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki