Diduga Korsleting Listrik, Pasar di Gianyar Ini Ludes Terbakar

Nyoman Astana ยท Selasa, 18 Desember 2018 - 19:13 WIB
Diduga Korsleting Listrik, Pasar di Gianyar Ini Ludes Terbakar

Pasar Desa Bona yang hangus terbakar pada Selasa (18/12/2018) dini hari. (Foto: iNews/Nyoman Astana).

GIANYAR, iNews.id - Hanya dalam dua jam, seluruh toko dan los di Pasar Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, terbakar hangus. Selain mengalami kerugian materiil, sebanyak 88 pedagang yang membuka lapak di sana terancam kehilangan mata pencaharian.

Kepala Pasar Desa Bona, I Ketut Mardika mengatakan, kebakaran hebat ini diketahui warga sekitar terjadi sekitar pukul 00.30 WITA. Sayangnya, tidak ada warga yang berani mendekat, karena banyak tabung elpiji yang terus meletup-letup.

"Ini baru ketahuannya kalau pasar terbakar," kata I Ketut di Pasar Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Selasa (17/12/2018).

BACA JUGA: Kebakaran Hebat di Samarinda, 7 Penghuni Rumah Tewas Terpanggang

Tujuh unit armada dari Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) Kabupaten Gianyar pun tak bisa berbuat banyak. Sebab, api sudah melahap seluruh bangunan di pasar tersebut. Mereka hanya berusaha mencegah agar api tak merembet ke permukiman warga.

Pasar ini hanya menjadi tontonan warga pada pagi harinya. Segel police line terpasang menjadi pagar untuk warga. Asap masih keluar mengepul di sejumlah sudut lokasi. Terdapat 24 toko dan 56 los yang kini sudah tak lagi berbentuk, karena api nyaris merobohkan bangunan pasar.

Kerugian yang diderita para pedagang ini ditafsir lebih dari Rp1 miliar, belum termasuk nilai bangunannya. Bila ditambahkan keseluruhan, angkanya bisa mencapai Rp2 miliar lebih.

"Kalau kerugian pedagangnya saja, ini kira-kira Rp1 miliar," ujar dia.

BACA JUGA: Kulkas Meledak Picu Kebakaran 4 Rumah di Tuban, 2 Warga Terluka

Kapolsek Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, I Ketut Dwikora mengatakan, penyebab kebakaran ini masih dalam proses penyelidikan. Dugaan sementara dari para saksi akibat korsleting listrik salah satu toko.

"Tersangka masih nihil. Tapi ada saksi 3 orang di lapangan, hanya belum ada pemeriksaan," kata dia.

Untuk memastikan aktivitas perekonomin desa tidak tersendat, Bupati Gianyar I Made Mahayastra menjanjikan akan adanya pembangunan kembali pasar tersebut pada 2019 mendatang dengan anggaran Rp6 miliar.

"Untuk seluruh pedagang untuk sementara langsung disantuni Rp1 juta sebagai bantuan untuk biaya perayaan hari raya galungan," ujar I Made.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal