Diiringi Hujan Deras, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di Kabupaten Bangli Bali

I Gede Juli Arsana ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 13:22 WIB
Diiringi Hujan Deras, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di Kabupaten Bangli Bali

Presiden Jokowi dikerumuni warga yang ingin bersalaman dan berswafoto usai pembagian sertifikat tanah di Kabupaten Bangli, Bali, Jumat (14/6/2019). (Foto: iNews/I Gede Juli Arsana)

BANGLI, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 3.000 sertifikat tanah kepada warga di Kabupaten Bangli, Bali. Meskipun hujan deras, warga antusias mengikuti acara tersebut dan menunggu momen untuk berswafoto dengan Presiden di lokasi acara, Lapangan Kilobar, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli.

Jokowi kemudian meminta para penerima sertifikat untuk mengangkat sertifikatnya tinggi-tinggi. Sebelum penyerahan, Jokowi berpesan kepada warga untuk menyimpan sertifikat sebaik-baiknya.

Presiden mengatakan, di seluruh Indonesia seharusnya ada 126 juta bidang tanah telah tersertifikasi. Namun, sampai 2014, baru sebanyak 46 juta yang tersertifikasi. Sisanya, masih ada 80 juta bidang tanah di seluruh Tanah Air termasuk Bali, belum memiliki sertifikat.


BACA JUGA: Jokowi Ingin Pasar Sukawati Gianyar Jadi Pasar Rakyat Modern Usai Revitalisasi


Hal ini karena saat itu dalam setahun, pemerintah hanya mampu menerbitkan sertifikat sebanyak 500.000-600.000 di seluruh Indonesia. Jika sistem itu tetap dijalankan, maka butuh 160 tahun bagi pemilik lahan untuk mendapatkan sertifikatnya.

“Karena itu, mulai tahun 2015, saya sampaikan ke Pak Menteri ATR. Saya minta bukan 500.000, tinggal hitung perkirakan tahun 2025, seluruh sertifikat yang 80 juta itu sudah bisa diberikan kepada masyaraka,” katanya.

Jokowi juga mengatakan, masyarakat Bali patut bersyukur karena Provinsi Bali menjadi provinsi pertama yang seluruh tanahnya telah tersertifikasi tahun ini. “Patut bersyukur khusus untuk Provinsi Bali adalah nanti yang pertama semua sertifikat itu selesai, yaitu tahun ini,” kata Jokowi, disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Masyarakat Bali yang menerima sertifikat tampak gembira. Apalagi, mereka mengurusnya dengan mudah dan cepat. “Sebelumnya kami tidak punya sertifikat karena prosesnya sulit dan lama. Sekarang sangat mudah sekali dan sangat singkat sekali. Kami masyarakat sangat berterima kasih kepada Pak Jokowi,” kata salah satu penerima sertifikat, Adi Jaya.

Usai acara di Bangli, masyarakat berhamburan mendekati Presiden Jokowi untuk bersalaman dan berfoto bersama. Jokowi selanjutnya Salat Jumat di Masjid Agung Al-A’la di Kabupaten Gianyar. Jokowi juga dijadwalkan membuka event tahunan pesta kesenian Bali di Denpasar.


Editor : Maria Christina