DPP PDIP Serahkan 30 Ekor Kambing Kurban untuk Warga Bali

Abdul Rochim ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 10:37 WIB
DPP PDIP Serahkan 30 Ekor Kambing Kurban untuk Warga Bali

Suasana penyerahan hewan kurban dari DPP PDIP ke warga di Bali. (Foto: SINDOnews/Abdul Rochim)

DENPASAR, iNews.idDPP PDIP menyerahkan hewan kurban sebanyak 30 ekor kambing bagi umat Islam di sekitar Sanur, Bali. Penyerahan dilakukan secara simbolik oleh Ketua DPD PDIP Bali yang juga menjabat Gubernur Bali I Wayan Koster di Masjid Al Ihsaan Grand Inna Bali Beach, Minggu (11/8/2019).

Tampak pula sejumlah pengurus DPP hasil Kongres V, di antaranya Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidajat, Ketua DPP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Hamka Haq, Ketua DPP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah dan Ketua DPP Bidang Industri, Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial Nusyirwan Soejono.

Sementara jemaah yang melaksanakan Salat Idul Adha di masjid tersebut diperkirakan sejumlah lebih dari 1.000 orang. Terdiri atas peserta Kongres Kongres V PDIP, umat Islam sekitar Denpasar serta unsur MUI, NU dan Muhammadiyah Bali.

Bertindak sebagai Imam dan Khatib yakni KH Maimun Noer (Khotib Syuriah PWNU Bali) yang menyampaikan khotbah bertemakan "Merajut Kebersamaan dalam Keberagaman untuk Menjadi Ihsan Muttaqin".

Menariknya, selama Salat Id dan Khutbah Idul Adha, Wayan Koster yang beragama Hindu, terlihat duduk di halaman masjid sambil menunggu.

"Atas nama DPP PDI Perjuangan dan Ibu Ketua Umum, kami menyerahkan kambing untuk kurban," ujar Ketua DPP PDIP Hamka Haq kepada panitia.

Selain hewan kurban yang diserahkan kepada perwakilan NU Bali, Muhammadiyah, MUI dan takmir Masjid Al Ihsaan, juga diserahkan dana bantuan oleh Djarot Saiful Hidayat.

"DPP PDIP menyerahkan 30 ekor kambing, tapi yang diserahkan secara simbolis 5 ekor," kata Djarot.

Sementara itu, Ahmad Basarah mengatakan, penyerahan hewan kurban usai digelar Kongres V ini membuktikan PDIP sebagai partai nasionalis yang juga memberikan perhatian khusus kepada tumbuh berkembangnya nilai-nilai kehidupan keagamaan di Indonesia.

"Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan Idul Kurban yang dihadiri pengurus DPP PDIP yang baru dengan menyerahkan 30 ekor kambing ini, ingin memberikan perhatian kepada umat Islam di Provinsi Bali ini bahwa toleransi kehidupan beragama di daerah ini tumbuh berkembang dengan baik. Sesama umat beragama saling menghormati di sini. Terlihat dengan kehadiran Pak Wayan Koster," tuturnya.

Menurutnya, DPP PDIP ingin mengajarkan kepada kader-kadernya untuk senantiasa membawa semangat toleransi, saling hormat-menghormati antarumat beragama. Termasuk umat Islam yang ada di Bali.

"Inilah indahnya kita beragama di Indonesia. Indahnya kita berbangsa, berbhineka tunggal ika, saling hormat menghormati satu dengan yang lain," ujarnya.


Editor : Donald Karouw