Gunung Agung Erupsi, Puluhan Desa di Karangasem Terdampak Hujan Abu dan Pasir

Yunda Ariesta ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 15:53 WIB
Gunung Agung Erupsi, Puluhan Desa di Karangasem Terdampak Hujan Abu dan Pasir

Warga Dusun Butu Butus, Desa Bhuana Giri, Kabupaten Karangasem, Bali, memakai masker karena hujan abu pascaerupsi Gunung Agung, Jumat (31/5/2019). (Foto: iNews/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id – Puluhan desa terpapar hujan abu akibat erupsi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Jumat (31/5/2019). Beberapa desa di arah selatan, tenggara dan timur gunung tertinggi di Bali itu juga terpapar hujan pasir dengan intensitas tebal.

Dari pantauan iNews, salah satu desa yang terpapar hujan abu dan pasir Dusun Butus, Desa Bhuana Giri. Dusun ini berjarak 8 kilometer (km) dari puncak kawah Gunung Agung.

Sesaat setelah erupsi Gunung Agung pukul 11.42 WITA tadi, hujan abu disertai pasir turun di daerah ini. Warga dengan segera mengenakan masker yang memang telah dipersiapkan untuk digunakan bila desa mereka terpapar abu.


BACA JUGA: Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2 Km 


Menurut warga, hujan abu disertai pasir membuat mata cukup perih dan pernafasan sesak. Warga khusunya anak-anak memilih untuk berada di dalam rumah untuk mengantisipasi bahaya paparan abu.

“Tadi begitu erupsi, ada hujan abu dan pasir di sini. Suara gemuruhnya terasa sekali tadi. Kami sebagai masyarakat di sini tetap waswas,” kata warga Dusun Butus, I Nyoman Cenik.

Selain itu, sebaran abu yang tiba-tiba juga membuat beberapa tampungan air warga yang terbuka, terpapar abu. Warga berharap hujan segera turun agar sebaran abu dapat sedikit berkurang.


Editor : Maria Christina