Ketum GP Ansor Perintahkan Banser Bantu Jaga Asrama Papua

Alex Aji Saputra ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:13 WIB
Ketum GP Ansor Perintahkan Banser Bantu Jaga Asrama Papua

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok.iNews.id)

NUSA DUA, iNews.id - Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas memerintahkan jajaran Banser di mana pun berada untuk bersilaturahmi dan membantu mengamankan Asrama Papua.

Langkah ini diambil merespons harapan Gubernur Papua Lukas Enembe yang berharap Banser melindungi asrama terkait persekusi yang memicu kerusuhan belakangan ini.

"Hari ini saya perintahkan Banser bersilaturahmi ke asrama (Papua). Kalau perlu juga membantu pengamanan," ujar pria yang biasa disapa Gus Yaqut, di sela-sela Muktamar PKB di Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019).

Menurut Gus Yaqut, kondisi yang berkembang belakangan ini harus diredam bersama oleh semua orang yang mencintai Indonesia. Jika tidak kondisi ini akan menggelinding dan bisa menimbulkan disintegrasi bangsa.

Gus Yaqut menyampaikan kecurigaan kerusuhan terjadi karena ada yang mendesain, karena peristiwa terjadi serentak. Tapi siapa pelakunya, dia belum mengetahui. "Kita sedang menyidiki menyelidiki ada apa di balik itu," ucapnya.

Gus Yaqut lantas menuturkan pihaknya juga didorong-didorong untuk turun ke Papua. "Tapi kami tegas menolak. Kita mempunyai jalan berbeda," ujarnya.

Sementara itu, kerusuhan pecah saat aksi damai yang terjadi di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (21/8/2019) pagi. Aksi yang digelar sejak Selasa, 20 Agustus 2019 malam itu diduga karena ada sekelompok orang yang menunggangi alias menghasut.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya sedang mendalami kelompok perusuh tersebut.

"Iya, ada kelompok kecil aja masyarakat yang mengagitasi situasi tapi itu berhasil dilokalisir," katanya di GrandKemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).


Editor : Kastolani Marzuki