Layanan ATM Mati Sebelum Nyepi di Bali, Warga Antre Ambil Uang

Aris Wiyanto ยท Rabu, 06 Maret 2019 - 00:07 WIB
Layanan ATM Mati Sebelum Nyepi di Bali, Warga Antre Ambil Uang

Warga mengantre di salah satu ATM bank di Denpasar, Bali, Rabu (6/3/2019), menjelang perayaan Hari Raya Nyepi. (Foto: iNew/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id – Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, warga Denpasar, Bali, mengantre di sejumlah lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Pasalnya, seluruh ATM akan dimatikan berangsur-angsur mulai Rabu siang, pukul 12.00 Wita.

Antrean warga di ATM terlihat di sejumlah kantor cabang bank dan ATM di beberapa lokasi. Seperti di Jalan Majapahit, Denpasar, Rabu pagi. Warga tampak tidak sabar mengantre karena khawatir tidak sempat lagi mengambil uang dari ATM.

BACA JUGA:

Operasional Tol Bali Mandara Ditutup 32 Jam Selama Nyepi

Hari Raya Nyepi, Akses Internet di Bali Akan Mati Selama 24 Jam

Sesuai pengumuman dari pihak bank, penghentian layanan ATM ini akan dimulai pukul 12.00 Wita untuk ATM yang berada di luar kantor cabang bank seperti di supermarket dan swalayan. Sementara untuk ATM di areal kantor cabang bank akan dimatikan mulai pukul 18.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita.

Kebijakan mematikan layanan ATM seluruh bank di Bali sejak sehari sebelum Hari Raya Nyepi ini sesuai dengan instruksi Bank Indonesia (BI). ATM akan aktif kembali pada Jumat (8/3/2019) pukul 07.00 Wita.

“Ya, ini sudah lama mengantre karena banyak orang yang ingin mengambil uang sebelum layanan ATM dimatikan pukul 12.00 siang ini. Sepertinya orang-orang ingin mempersiapkan uang dan bekal yang cukup sebelum Nyepi,” kata warga Denpasar, Nengah Sujana.

Selain mematikan layanan ATM, transaksi dengan mesin-mesin electronic data capture (EDC) di seluruh Bali juga akan dimatikan selama perayaan Hari Raya Nyepi. Layanan internet juga akan dimatikan selama Nyepi.

Tak hanya itu, aktivitas sekolah, kantor pemerintahan, perbankan, jalan tol, dan sejumlah fasilitas lain juga akan ditutup selama perayaan Nyepi, Kamis besok (7/3/2019).


Editor : Maria Christina