Listrik di Bali Padam Total, PLN Minta Maaf

I Gede Juli Asrana ยท Rabu, 05 September 2018 - 15:15 WIB
Listrik di Bali Padam Total, PLN Minta Maaf

Suasana di Bandar I Gusti Ngurah Rai Bali yang tetap beroperasi normal meski terjadi black out. (Foto: iNews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

KLUNGKUNG, iNews.id – Aliran listrik di wilayah Provinsi Bali mengalami mati total atau black out, Rabu (5/9/2018), sekitar pukul 11.28 WIB. Hingga berita diturunkan, pasokan listrik mulai normal meski belum secara keseluruhan.

Manager PLN Distribusi Bali Eko Mulyo meminta maaf atas kondisi pemadaman menyeluruh yang terjadi. Dia memastikan saat ini petugas di lapangan sedang bekerja untuk memulihkan aliran listrik di Pulau Dewata.

"Black out ini diawali dari gangguan di PLTU Pacitan, kemudian Sutet Paiton dan pembangkit di PLTU Paiton, Jawa Timur. Kami minta maaf atas kondisi ini,” kata Eko dalam keterangan pers-nya.

Dia mengungkapkan, masih akan menginvestigasi namun fokus utama saat ini yakni penanganan untuk menormalkan kembali pasokan listrik. Eko menuturkan, peristiwa black out ini menjadi yang pertama kalinya terjadi pada 2018. “Hingga saat ini (pukul 15.30 Wita) sekitar 75 persen wilayah sudah kembali normal,” ujarnya.

Pantauan iNews, meski terjadi pemadaman secara menyeluruh, namun kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai tetap beroperasi normal. Begitu pun dengan sejumlah rumah sakit. Pelayanan publik itu sementara menggunakan genset agar operasional tetap dapat berjalan.

Salah seorang warga Bali, Amanda mengatakan, pemadaman sudah terjadi sejak siang hari. Namun di wilayahnya listrik sudah mulai kembali normal, pukul 15.00 wita. Dia mengaku tidak mendapat informasi apa pun sebelum terjadinya pemadaman serentak tersebut. "Tidak ada pemberitahuan, saya tahunya malah dari tayangan televisi pas listrik sudah normal," ujarnya.


Editor : Donald Karouw