Panggilan Gus Ami untuk Muhaimin Iskandar Mengemuka dalam Muktamar V PKB

Koran SINDO, Alex Aji Saputra ยท Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:30 WIB
Panggilan Gus Ami untuk Muhaimin Iskandar Mengemuka dalam Muktamar V PKB

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Gus Ami) saat mendampingi Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Nusa Dua, Bali. (Foto: Koran SINDO/Alex Aji Saputra)

NUSA DUA, iNews.id – Panggilan Gus Ami untuk Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang semula akrab disapa Cak Imin mengemuka dalam Muktamar V PKB di Nusa Dua, Bali.

Sejumlah baliho yang menyambut kehadirin muktamirin di sejumlah sudut Kota Denpasar memajang tulisan nama ketua umum PKB tersebut dengan Gus Ami. 

Sebutan gus tidak lain terkait dengan posisinya sebagai putra kiai, sedangkan Ami merupakan akronim dari nama lengkapnya Abdul Muhaimin Iskandar.

“Sebenarnya Mas Muhaimin itu putranya kiai, dan dalam tradisi pesantren di Jawa, putra Kiai panggilannya adalah Gus. Jadi sebenernya Mas Imin itu banyak orang yang manggil Gus juga, tapi memang beliau sejak dulu lebih populer dipanggil cak, cak, cak gitu,” ujar Ketua Steering Committee (SC) Muktamar V PKB, Ida Fauziyah, Selasa (20/8/2019).

Ditanya apakah perubahan itu sebagai re-branding, Ida kembali menandaskan dalam tradisi pesantren Jawa, anak kiai itu Gus. “Satu hal lagi, panggilan Gus itu tidak bisa dipakai oleh sembarangan orang, karena itu panggilan buat putra kiai,” katanya.

BACA JUGA: Alasan PKB Ingin Muhaimin Iskandar Dipanggil Gus Ami

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Ahmad Iman mengatakan, putra kiai dalam tradisi NU sangat dihormati. Sementara, banyak yang tidak tahu kalau Muhaimin merupakan cicit pendiri NU.

"Mungkin juga karena banyak orang yang tidak tahu kalau Cak Imin ini cucu buyut pendiri NU. Banyak orang PKB bukan anak kiai tapi disebut gus," ujar Ahmad di Nusa Dua Bali.


Editor : Kastolani Marzuki