Penemuan Fosil Tulang Mirip Manusia Gegerkan Warga Klungkung Bali

I Gede Juli Arsana ยท Jumat, 28 Juni 2019 - 14:01 WIB
Penemuan Fosil Tulang Mirip Manusia Gegerkan Warga Klungkung Bali

Polisi menemukan fosil tulang belulang di Klungkung Bali diduga kerangka manusia. (Foto: iNews/I Gede Arsana).

KLUNGKUNG, iNews.id - Warga di Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung, Bali, geger dengan penemuan fosil tulang belulang manusia. Kerangka tersebut kemudian dilaporkan polisi untuk penelitian lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Klungkung, AKP Mirza Gunawan mengatakan, fosil tulang ini ditemukan di pekarangan rumah warga, Komang Swastika, di Banjar Sangluh, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan.

"Lima bulan lalu warga di sana juga sempat menemukan kerangka berbentuk kepala. Namun sudah mereka buang ke sungai lewat ritual adat," kata Mirza kepada wartawan di Mapolres Klungkung, Bali, Jumat (28/6/2019).

BACA JUGA: Bersihkan Gudang Bulog, Warga Aceh Selatan Temukan Kerangka Manusia

Dia mengatakan, fosil ini ditemukan ketika warga Komang Swastika menggali tanah untuk membuat senderan di samping rumahnya. Saat menggali sedalam satu meter, dia mendapati tulang-tulang tersebut.

Melihat pisiknya, kata dia, warga menduga tulang belulang tersebut mirip kerangka manusia. Mereka pun kali ini melaporkannya ke pihak kepolisian.

"Kami sudah bawa ke Labfor (laboratorium dan forensik) Rumah Sakit Sanglah Denpasar untuk diteliti lebih lanjut," ujar dia.

Penemuan tulang ini membuat warga geger. Karena fosil ini bila digabungkan menjadi satu bagian kerangka manusia. Warga melaporkan ke polisi, kata dia, karena sudah membuat geger masyarakat sekitar.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal