Tahanan Kasus Pencurian di Rutan Jembrana Makan Kotoran Sendiri

Nyoman Sudika ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 19:07 WIB
Tahanan Kasus Pencurian di Rutan Jembrana Makan Kotoran Sendiri

Tahanan kasus pencurian di Rutan Jembrana, Bali ini berlaku aneh dengan memakan kotoran sendiri. (Foto: Inews.id/Nyoman Sudika)

JEMBRANA, iNews.id - Penghuni rumah tahanan negara (Rutan) Jembrana, Bali dibuat heboh dengan aksi nekat seorang tahanan kasus pencurian yang memakan kotoran sendiri.

Sebelum peristiwa itu terjadi, pelaku yang diketahui bernama I Putu Suastika (25) asal Buleleng itu diketahui sering berlaku aneh oleh rekan satu selnya. Pelaku yang tersangkut kasus pencurian itu juga jarang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan rutan.

Kepala Rutan Jembrana, Purniawal mengatakan, kasus memakan kotoran sendiri diketahui sekitar empat hari lalu oleh rekan satu sel. Namun rekan satu sel tidak melihat langsung proses memakan kotoran sendiri. Dia hanya melihat sisa kotoran di mulut korban.

“Saya dapat laporan dari petugas jaga bahwa ada tahanan kasus curanmor memakan kotoran sendiri. Petugas jaga kemudian memeriksa yang bersangkutan,” katanya, Kamis (20/6/2019).

Dia mengakui memang ada hal aneh yang dilakukan pelaku ini. “Kadang makan di lantai tidak pakai piring dan sering berbicara sendiri. Dia juga katanya sering lihat binatang seperti monyet,” katanya.

Menurut Purniawal, tahanan tersebut pernah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli. Oleh dokter, pelaku dinyatakan masih bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sehingga, penyidik bisa melanjutkan kasusnya.

Saat ini, pelaku sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Negara. Pria kelahiran Lokapaksa, Seririt, Kabupaten Buleleng itu tersangkut dua kasus pencurian.


Editor : Kastolani Marzuki