Tim SAR Temukan Jasad 3 Korban Tenggelam di Pantai Watu Klotok Bali

I Gede Juli Arsana ยท Selasa, 24 April 2018 - 16:35 WIB
Tim SAR Temukan Jasad 3 Korban Tenggelam di Pantai Watu Klotok Bali

Tim SAR Klungkung, Bali mengevakuasi salah satu jenazah korban tenggelam di Pantai Watu Klotok, Bali. (Foto: iNews.id)

KLUNGKUNG, iNews.id – Tiga korban terseret gelombang pasang di Pantai Watu Klotok, Klungkung, Bali ditemukan tewas dalam posisi mengambang di tengah laut. Ketiga jenazah tersebut, yakni Wayan Budi Astrawan (25) dan Kadek Sudiasta (35), dan Ni Wayan Sutarmi.

Jenazah Wayan Budi dan Kadek ditemukan mengambang sekitar 500 meter dari posisi tempat kejadian korban terseret gelombang pasang. Sedang jasad Ni Wayan Sutarmi ditemukan di wilayah Perairan Sanur, Denpasar.
Proses evakuasi melibatkan empat boat dari SAR, dua rubber boat dari Polair dan BPBD Klungkung.

Penemuan ketiga jenazah itu setelah keluarga dan warga sekitar melakukan ritual larung laut atau pekelem dengan mempersembahkan sesajen dan bebek hitam yang dilarung ke tengah laut.

“Ritual ini atas permintaan pihak keluarga korban. Kita larungkan sesajen berupa bibek hitam,” kata Jero Mangku Ketut Gubah, pemimpin ritual larung laut, Selasa (24/4/2018).

BACA JUGA: 3 Warga Terseret Ombak dan Tenggelam di Pantai Watu Klotok


Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada mengatakan kedua korban ditemukan tidak lama setelah proses larung laut yang dilakukan keluarga dan warga Klungkung. “Kedua korban ini semuanya warga Klungkung. Mereka yang mau menolong korban Ni Wayan, tapi malah kena seret ombak pasang,” katanya.

Peristiwa tragis yang merenggut tiga korban jiwa itu bermula ketika Ni Wayan Sutami dan Nengah Karma, pasangan suami istri asal Karangasem sedang melakukan ritual pengelukatan atau pembersihan diri di bibir pantai. Saat sedang melakukan ritual, tiba-tiba ombak besar datang dan menggulung pasangan suami istri itu. Sang suami selamat, namun nahas sang istri digulung ombak.

Melihat kejadian tersebut, dua orang , yakni Wayan Budi Astrawan (25) dan Kadek Sudiasta (35) berusaha menolong dan menarik korban ke pinggir laut. Namun nahas, mereka lantas tersapu besarnya ombak hingga terseret dan tenggelam. 

 


Editor : Kastolani Marzuki