H-1 Lebaran, Arus Mudik di KM 73 Tol Cipali Ramai Lancar

Irwan · Kamis, 14 Juni 2018 - 10:33 WIB

Arus lalu lintas di Km 73 Tol Cipali di H-1 Lebaran masih ramai lancar. (Foto: iNews/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Memasuki H-1 lebaran, arus mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah (Jateng) di ruas Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) ramai lancar, Kamis (14/6/2018) pagi. Pemudik yang memilih perjalanan pada H-1, rata-rata untuk menghindari kemacetan karena puncak arus mudik telah berlalu.

Pantauan iNews, arus lalu lintas di Tol Cipali pagi ini mengalami penurunan dibandingkan Rabu (13/6/2018) malam hingga dini hari tadi. Pada kilometer (Km) 73, arus cukup lenggang namun tetap ramai dengan kendaraan mudik yang tak berhenti melintas. Hal itu sekaligus menunjukkan masih banyak warga yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di kampung halamannya. Baik di wilayah Jabar, Jateng, maupun Jatim.

“Pagi ini meski ramai namun tidak ada hambatan, kendaraan bisa berjalan dengan kecepatan sekitar 80 Km per jam,” kata Arif, seorang pemudik asal Bekasi.


BACA JUGA:

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Tol Cipali Lebih dari 12 Jam

Jembatan Tol Kalikuto Dioperasikan, Arus Mudik Batang-Kendal Lancar


Para pemudik yang baru berjalan pagi ini dinilai sisa dari berangkat pada dini hari tadi. Karena sebagian besar warga Jakarta sudah mulai mudik sejak beberapa hari lalu. Beberapa bahkan sudah tiba di kampung halaman.

Ramainya arus mudik di jalur bebas hambatan tersebut diperkirakan akan terjadi hingga sore nanti, sedangkan arus dari arah sebaliknya relatif normal bahkan lengang.

Kondisi ini jauh berbanding pada sehari sebelumnya yang menjadi puncak arus mudik. Saat itu, ribuan kendaraan terjebak kemacetan dan nyaris tidak bergerak. Kemacetan parah terjadi di ruas jalan Tol Cipali, hingga lebih dari 12 jam. Bahkan, antrean juga tembus ke Tol Cikampek wilayah Jakarta.


Editor : Donald Karouw

KOMENTAR