Antisipasi Lakalantas, Pemprov Jabar Akan Pakai Teknologi Milik Korsel

Yogi Pasha · Rabu, 12 September 2018 - 16:49 WIB
Antisipasi Lakalantas, Pemprov Jabar Akan Pakai Teknologi Milik Korsel

Teknologi pembatas jalan bersilinder milik Korea Selatan (Korsel). (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat  (Pemprov Jabar) siap menggunakan teknologi pembatas jalan bersilinder milik Korea Selatan (Korsel) untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Teknologi tersebut nantinya akan dipasang di sejumlah titik jalan rawan kecelakaan di seluruh Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil mengatakan, telah memerintahkan dinas perhubungan (dishub) untuk memelajari dan mencari data mengenai teknologi tersebut. Bahkan, Emil meminta kepala dishub Jabar langsung ke Korsel untuk memastikan apakah bisa digunakan di Jabar.

"Dishub sudah saya perintahkan untuk cari datanya. Kalau perlu terbang ke Korea untuk memastikan kita bisa mendapatkan itu secepatnya di anggaran terdekat," kata Emil di Gedung Sate, Rabu (12/9/2018).

Menurut Emil, teknologi pembatas jalan yang paling canggih baru dimiliki Korsel.  "Paling canggih korea. Enggak ada lagi, sok kalau ada yang lain kasih tahu saya," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik mengatakan akan segera memelajari dan memasang pembatas jalan bersilinder teknologi milik Korsel tersebut. Pemasangan akan dilakukan jika dana pembalian pembatas jalan itu masuk dalam alokasi APBD perubahan.

"Kalau ada dianggaran perubahan, kita akan geser pengadaannya. Kami akan pasang di titik-titik rawan," kata Dedi.

Dedi mengakui, teknologi milik Korsel ini mampu menahan laju kendaraan ketika terjadi kecelakaan tanpa merusak pembatas jalan yang ada.  "Kami sudah punya datanya. Kami akan pasang di area rawan seperti jalur Tanjakan Aman (Emen) Subang, di Cikidang, Leweung Tiis, Garut dan lainnya," ujar dia.


Editor : Muhammad Saiful Hadi