Sandiaga Sarankan Gubernur Tak Ikut Kampanye, Emil: Bercermin Sajalah

Yogi Pasha ยท Rabu, 12 September 2018 - 17:13 WIB
Sandiaga Sarankan Gubernur Tak Ikut Kampanye, Emil: Bercermin Sajalah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Dok/iNews.id)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan komentar pedas terhadap pernyataan bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno yang menyarankan agar kepala daerah, khususnya gubernur, untuk mengurusi wilayahnya daripada ikut berkampanye di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Sandiaga Uno seharusnya bercermin dulu sebelum melontarkan pernyataan itu. Sebab, saat ajang pesta demokrasi daerah 2018 beberapa waktu lalu, mantan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta itu juga ikut dalam sejumlah kampanye calon kepala daerah di beberapa provinsi.

“Bercermin saja lah, toh Pak Sandiaga Uno juga sebelumnya ikut kampanye,” ujar Emil di Gedung Sate, Rabu (12/9/2018).

Emil menyebutkan, Sandiaga Uno terlibat beberapa kali agenda kampanye saat dirinya masih menjabat sebagai wakil gubernur. Kampanye yang dimaksud saat Pilkada 2018 lalu. “Pak Sandi 2018 ke Jawa Teng‎ah kampanyekan Sudirman Said. Lalu di Jabar kampanyekan pasangan Asyik (Sudrajat - Ahmad Syaikhu), jadi bercermin saja lah,” kata Emil.

Menurut Emil, kepala daerah terlibat kampanye Pilpres 2019 atau ajang politik lain tidak masalah selama tidak melanggar aturan. Di Pilkada Gubernur Jabar, Emil diusung sejumlah partai pendukung pemerintah.

“Kalau tidak melanggar aturan kan tidak masalah. Yang tidak boleh itu bawa-bawa institusi, seperti bawa gubernur dan sejenisnya,” ungkap Emil.


Editor : Maria Christina