Program Pemkot Bandung Bakal Dibawa Ridwan Kamil ke Jawa Barat

Yogi Pasha · Kamis, 13 September 2018 - 16:28 WIB
Program Pemkot Bandung Bakal Dibawa Ridwan Kamil ke Jawa Barat

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau stand kewilayahan Pemkot Bandung di Gedung Sabuga, kata ITB, Kamis (13/9/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil bakal mengadopsi Program Inovasi dan Pembangungan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) milik Kota Bandung ke tingkat provinsi. Program tersebut dinilai mampu meningkatkan pembangunan secara menyeluruh di semua wilayah. 

Emil menyebutkan, PIPPK telah menjadi reverensi 17 provinsi di Tanah Air. Sejumlah daerah telah belajar untuk mempelajari program tersebut untuk membangun wilayahnya. 

"Semua yang positif tempat dulu saya pernah mengabdi di Kota Bandung akan saya bawa ke Jabar. Salah satunya yaitu PIPPK. Kota Bandung menjadi reverensi bagi 17 provinsi untuk mempelajari PIPPK," kata Emil usai menghadiri Gelar Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung 2018 di Gedung Sabuga, ITB, Kamis (13/9/2018).

Emil mengungkapkan, PIPPK yang dijalankan Pemkot Bandung sangat detail dan kolaboratif sehingga pembangunan di daerah atau kewilayahan bisa terjadi secara menyeluruh.

"Kalau desentralilasi diterapkan dengan baik dan masyarakatnya diberdayakan maka hasilnya akan terasa. Jadi tidak betul kalau pembangunan hanya di pusat. Selama lima tahun saya memimpin pembangunan terjadi pembangujan di setiap titik di Kota Bandung," ujar dia. 

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaannya, PIPPK akan mendapatkan alokasikan anggaran untuk berbagai pembangunan seperti infrastruktur, sosial, dan perekonomian. Pembangiannya akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun pembangunan pemerintah kota. 

"Alokasi anggarannya dibagi misalnya pada tahun pertama dana infrastruktur 70 persen, tahun ke dua menjadi 50 persen, tahun ketiga jadi 40 persen. Nanti dari infrastruktur yang dominan menjadi dana sosial dan perekonomian lebih banyak," katanya. 

Emil berharap, Wali Kota Bandung Terpilih Oded M Danial bisa terus menjalankan program ini dan meningkatkan kualitas SDM ditingkat kewilayahan. "Mang Oded sudah menyatakan siap. Nama tidak diubah dan bakal meningkatkan kualitas RT/RW ke depannya," ujar Emil.


Editor : Muhammad Saiful Hadi