Pelantikan Pemenang Pilkada 2018, Emil Tunggu Jawaban Kemendagri

Yogi Pasha ยท Kamis, 13 September 2018 - 16:42 WIB
Pelantikan Pemenang Pilkada 2018, Emil Tunggu Jawaban Kemendagri

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau stand milik kewilayahan Pemkot Bandung yang berhasil menjalankan PIPPK di Gedung Sabuga, kata ITB, Kamis(13/9/2018). (Foto: iNews/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil masih menunggu jawaban dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait rencana pelantikan 16 kepala daerah pemenang Pilkada 2018 di Jabar. Acara pelantikan 16 kepala daerah terpilih itu nantinya akan berlangsung di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

"Belum, hari ini mungkin sudah ada jawabannya. Besok saya kabarin. Tapi, kalau nggak tanggal 15 September, mungkin tetap tanggal 20 September," kata Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui di Gedung Sabuga, Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

Emil menyebutkan, acara pelantikan para bupati dan wakil serta wali kota dan wakil wali kota terpilih ini akan dilakukan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Sementara itu, Wali Kota Bandung terpilih, Oded M Danial mengaku belum mendapatkan informasi mengenai rencana pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2018. Dirinya masih menunggu kabar terkait rencana tersebut.

"Sampai tadi malam, tim dari Pemkot Bandung yang ikut rapat persiapan acara pelantikan juga belum mendapatkan kabar. Tapi, kata Pak Gubernur informasinya besok akan diberi tahu," kata Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

Sebelumnya, Ridwan Kamil telah mengajukan percepatan rencana pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2018 di Jabar kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pada awalnya, Kemendagri telah mengeluarkan rencana agenda pelantikan para kepala daerah pemenang Pilkada di Jabar pada 20 September 2018. Namun, Emil berharap jadwal tersebut bisa dimajukan agar terjadi efisiensi waktu dan kegiatan.


Editor : Himas Puspito Putra