Ridwan Kamil Ingin Ubah Kali Malang Jadi Objek Wisata

Yogi Pasha ยท Kamis, 13 September 2018 - 16:52 WIB
Ridwan Kamil Ingin Ubah Kali Malang Jadi Objek Wisata

Peninjauan Kali Malang oleh Kang Malik beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram/Ridwankamil)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil mulai bergerak menata kawasan pariwisata. Salah satu yang mulai disentuh yaitu Kali Malang di Kabupaten Bekasi. 

Seperti diketahui, sepanjang kampanye di Pilkada 2018, Emil selalu mendatangi sejumlah objek wisata di kabupaten/kota. Dalam kunjungannya, Emil juga selalu membuat sketsa revitalisasi kawasan objek wisata yang dinilai mampu meningkatkan kunjungan. 

Salah satu kawasan yang dilirik Emil yaitu Kali Malang, Kabupaten Bekasi. Rencananya, aliran dasar sungai (DAS) Kali Malang ini akan ditata dan diubah menjadi kawasan objek wisata. 

Dia menyebutkan, dalam visi-misi Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) terdapat tiga program pembangunan kawasan pariwisata. Pertama memperbaiki akses infrastruktur kawasan pariwisata. Kedua, membuat atau merevitalisasi kawasan objek wisata baru dan ketiga yaitu membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

"Nah, Kali Malang ini masuk dalam rencana master plan program pariwisata tipe kedua. Kalau punya danau, danaunya diperbaiki seperti di Garut ada Situ Bagendit. Nah kalau di Bekasi ini tidak banyak, hanya ada sungai, makanya kita perbaiki sungainya agar bisa jadi objek wisata baru," kata Emil di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Kamis (13/9/2018). 

Dia mengatakan, dana revitalisasi Kali Malang berasal dari alokasi bantuan gubernur sebesar mulai Rp20-Rp50 miliar. "Untuk sekarang jumlahnya segitu dulu. Kan, masih ada 26 kabupaten kota lain yang bakal mendapatkan bantuan yang sama," ujarnya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi