Nekat Curi Taksi di Bandara Husein Sastranegara, Pemuda Ditangkap

Agus Warsudi, Sindonews ยท Kamis, 13 September 2018 - 18:33 WIB
Nekat Curi Taksi di Bandara Husein Sastranegara, Pemuda Ditangkap

Seorang warga berusaha menghalangi laju taksi yang hendak dicuri di Bandara Husein Sastranegara dengan menedang separator. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id – Seorang pemuda di Bandung, ditangkap anggota Satuan POM Angkatan Udara (Satpom AU) Lanud Husein Sastranegara, lantaran hendak mencuri taksi yang tengah parkir di kawasan bandara, Kamis (13/9/2018) siang tadi.

Pelaku berinisial IS (23) itu ditangkap usai mencoba mencuri taksi bernomor polisi D 1914 DN di kawasan Bandara Husein Sastranegara. Video penangkapan pria tersebut sempat beredar di media sosial dan aplikasi percakapan Whatsapp.

"Iya betul, kejadiannya tadi. Sopir taksi parkir di sekitar halaman lobi bandara. Tiba-tiba pelaku masuk ke mobil dan membawa kabur taksi itu. Dia ngebut, tapi masuk ke kantor kami. Kami kejar, dia berusaha kabur lagi tapi bisa dihentikan," kata Komandan Satpom AU Lanud Husein Sastranegara, Mayor POM Made Oka Dharmayasa, Kamis (13/9/2018).

Made mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.05 WIB, ketika sang pengemudi taksi baru datang dan memarkirkan kendaraan di Jalan Nurtanio Utara atau arah keluar dari kawasan bandara. Lokasi tersebut memang biasa digunakan pengemudi taksi untuk memarkirkan kendaraan.

Namun tiba-tiba saja, pelaku IS masuk ke dalam kendaraan dan berupaya membawa kabur taksi itu. Dia melaju ke arah bandara atau melawan arus di arah satu jalur. Sejumlah pengemudi yang mengetahui kejadian tersebut berupaya mengejar pelaku. "Kejar-kejaran antara pelaku dengan pengemudi taksi berlangsung sekitar 30 menit," ujar dia.

Selama dikejar massa, IS mengemudikan taksi curian itu dengan kecepatan tinggi dan melawan arus lalu lintas. Dia pun sempat menabrak pembatas jalan di kawasan itu. Aksi pelarian pelaku akhirnya terhenti setelah mobil yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil warga yang hendak menuju bandara di Jalan Pajajaran.

Made Oka mengemukakan, pelaku kemungkinan tidak tahu arah keluar bandara sehingga langsung tancap gas ke arah kantor TNI AU. Pelaku juga sempat berusaha putar arah namun kemudian bisa dan akhirnya berhasil ditangkap warga.

"Pas dia kabur ke arah Lanud, saya sedang berdiri. Saya lihat kok dia cepat banget bawa mobilnya hingga saya minta anggota untuk menghentikan. Mungkin dia tidak tahu jalan keluar, malah masuk kantor kami," ujar Made.

Satpom AU juga telah melakukan tes urine terhadap IS karena khawatir dia mengonsumsi narkoba. Namun hasil tes urine menunjukkan IS negatif narkoba. "Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kasus ini dilimpahkan ke kepolisian. Tadi sudah dilimpahkan ke Polsek Cicendo," kata Made.


Editor : Himas Puspito Putra