Pemkot Bandung Tertarik Gunakan Transportasi Massal ART

Yogi Pasha ยท Jumat, 14 September 2018 - 13:57 WIB
Pemkot Bandung Tertarik Gunakan Transportasi Massal ART

Plt Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan keterangan mengenai ART kepada awak media. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar) menyambut positif tawaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait penggunaan sarana transportasi massal Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Pemkot menilai transportasi tersebut sebagai langkah mengatasi kemacetan.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, selain harga yang murah, teknologi transportasi yang digunakan pada ART tidak membutuhkan pembangunan infrastruktur baru.

"Ini bagus. Saya tertarik. Ada Moda transportasi baru bernama ART, tidak pake rel tapi pake ban. Harganya juga murah dan tidak perlu konstruksi bangunan baru, cukup jakur khusus saja," kata Oded usai bertemu dengan Direktur PT KAI di balai kota, Jumat (14/9/2018).

BACA JUGA: PT KAI Tawarkan Teknologi Transportasi ART ke Pemkot Bandung

Oded berharap, dengan adanya penambahan sarana transportasi baru di Kota Bandung persoalan kemacetan dan pelayanan kepada masyarakat dalam beraktivitas bisa terpenuhi.

Oded menjelaskan penggunaan transportasi baru ini akan segera dipelajari. Sebab, kata dia, dibutuhkan perencanaan yang matang dalam memanfaatkan moda transportasi massal tersebut. "Kami akan pelajari dulu konsepnya. Tapi, pada prinsipnya saya tertarik," ujar Oded.

Seperti diketahui, PT KAI menawarkan moda transportasi massal dengan teknologi baru kepada pemerintah Kota Bandung. Moda tersebut dinilai lebih ekfektif dan efisien dibandingkan transportasi massal seperti LRT atau MRT.

Bahkan, PT KAI menjelaskan teknologi transportasi ART tidak memerlukan konstruksi baru dalam pengoprasiannya. ART ini hanya membutuhkan jalur khusus untuk bergerak dengan menggunakan virtual track.


Editor : Muhammad Saiful Hadi