Emil Periksa Nama-nama ASN Koruptor dan Masih Digaji untuk Dipecat

Yogi Pasha ยท Jumat, 14 September 2018 - 19:00 WIB
Emil Periksa Nama-nama ASN Koruptor dan Masih Digaji untuk Dipecat

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Dok/iNews.id)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku belum mengetahui daftar nama-nama Aparatur Sipil Negara (ASN) provinsi itu yang terlibat kasus korupsi dan masih menerima gaji dari negara. Namun, dia berjanji memeriksanya dan segera diproses untuk diberhentikan.

“Iya saya belum tahu daftarnya, baru tahu dari berita. Nanti saya cek ke pak sekda ya,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, usai menghadiri silaturahmi dan pembekalan bacaleg Partai Hanura Jabar di Hotel Horison, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya menemukan sebanyak 2.674 ASN terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap alias inkracht. Namun, baru sekitar 317 PNS yang dipecat sedangkan 2.357 PNS lainnya masih aktif bekerja.

BACA JUGA:

Sumut Peringkat Pertama Koleksi ASN Koruptor, Diikuti Jabar dan Riau

Pemprov Malut Belum Berhentikan 20 ASN Mantan Narapidana Korupsi

Berdasarkan data BKN, dari ribuan ASN yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi, di antaranya berasal dari Provinsi Jabar. Bahkan, Jabar berada di posisi kedua jumlah terbanyak ASN terlibat korupsi dengan total 193 orang. sebanyak 24 ASN di antaranya berada di lingkungan Pemprov Jabar.

Dengan adanya data tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bakal memberhentikan para ASN aktif terpidana korupsi ini pada akhir tahun nanti.


Editor : Maria Christina