Saat Ngopi Bareng, Ini Nasihat Ridwan Kamil pada Sandiaga Uno

Yogi Pasha ยท Kamis, 15 September 2018 - 18:34 WIB
Saat Ngopi Bareng, Ini Nasihat Ridwan Kamil pada Sandiaga Uno

Bakal Cawapres Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat ngopi bareng di Jakarta, Jumat (14/9/2018). (Foto: Instagram)

BANDUNG, iNews.id – Acara ngopi bareng antara Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno menunjukkan keduanya tetap berhubungan baik setelah sempat dikabarkan berseteru. Bahkan saat ngopi, Ridwan Kamil memberi nasehat pada Sandiaga.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil menyebutkan, pertemuan pada Jumat (14/9/2018) itu berawal dari Sandi yang menelepon dirinya. Kebetulan, saat itu Emil sedang di Jakarta untuk menghadiri pemberian penghargaan dari salah satu surat kabar nasional.

“Nah sepulang acara itu, tadi malam kami ngopi-ngopi di Jakarta. Kebetulan beliau (Sandi) telepon saya dan saya telepon balik,” kata Emil di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (15/9/2018).

BACA JUGA:

Tepis Perseteruan, Ridwan Kamil Ngopi Bareng Sandi

Sandiaga Sarankan Gubernur Tak Ikut Kampanye, Emil: Bercermin Sajalah


Emil bercerita, pertemuan akrab yang berlangsung sekitar satu jam itu menjadi ajang saling menasihati. Emil mengingatkan Sandi untuk selalu membangun demokrasi dengan dialog positif dan harus mengedepankan perdamaian.

“Saya titip ke Pak Sandi sering-sering memberi statement yang mengajak pendukungnya itu menyampaikan pesan-pesan kebaikan, pesan perdamaian. Jauhi ujaran-ujaran yang memprovokasi, ujaran negatif,” ungkap Emil.

Emil juga bakal menyambut dengan senang hati jika bakal cawapres Sandiaga Uno kembali melakukan safari politik di wilayah Jabar. Bahkan, kegiatan Sandi bakal difasilitasi sesuai dengan peraturan yang memungkinkan.

“Saya welcome Pak Sandi mau kampanye di Jabar di wilayah kami karena itu haknya. Kami akan fasilitasi sesuai peraturan yang memungkinkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Emil dan Sandi terkesan saling berseteru setelah saling berkomentar melalui media gara-gara salah persepsi mengenai kepala daerah yang ikut kampanye di Pilpres 2019. Berawal dari Sandi yang menyarankan agar kepala daerah, khususnya gubernur, untuk mengurusi wilayahnya daripada ikut berkampanye.

Merespons pernyataan itu, Emil langsung berkomentar pedas. Dia meminta Sandi bercermin dulu sebelum melontarkan pernyataan tersebut. Sebab pada Pilkada 2018, Sandi yang masih menjabat wakil gubernur DKI Jakarta ikut dalam sejumlah kampanye calon kepala daerah di beberapa provinsi.

Belakangan Sandi meluruskan pernyataannya. Yang dimaksud kepala daerah tak berkampanye, yakni yang tergabung dalam Koalisi Prabowo-Sandi. Sandi meminta maaf bila hal itu menyinggung Emil. Dia lantas melontarkan keinginannya untuk bertemu mantan wali kota Bandung yang disebutnya sebagai sahabat baik itu.

Namun, persoalan itu telah selesai. Keduanya ngopi bareng di sebuah kafe di Jakarta pada Jumat (14/9/2018) malam. Bahkan, keduanya berswafoto dan mem-posting di media sosial masing-masing. “Berakhir dengan ngopi kopi Jabar. Saya kopi Gunung Tilu dan Pak Sandi Ngopi Java Preanger,” ujar Emil.


Editor : Maria Christina