Oded M Danial, Wali Kota Bandung yang Pernah Jadi Anak Buah BJ Habibie

Yogi Pasha ยท Sabtu, 22 September 2018 - 11:54 WIB
Oded M Danial, Wali Kota Bandung yang Pernah Jadi Anak Buah BJ Habibie

Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama istri Siti Muntamah sesaat sebelum diarak mengelilingi Balaikota Bandung. (Foto: iNews.id.Yogi Pasha)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANDUNG, iNews.id – Oded M Danial telah resmi menjabat Wali Kota Bandung periode 2018-2023. Dia dilantik Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Gedung Merdeka bersama lima pasangan kepala daerah lain, pada Kamis (20/9/2018) lalu.

Namun, siapa sangka orang nomor satu di Kota Bandung ini memiliki perjalanan hidup yang menarik. Sebelum menjabat sebagai kepala daerah, Oded M Danial pernah bekerja bersama Bj Habibie dalam perakitan pesawat CN 250 dan sejumlah pesawat lainnya.

“Dulu saya sekolah SD di kampung, kemudian masuk ke sekolah teknik, diteruskan ke STM jurusan mesin. Setelah STM, kemudian pada tahun 1983 saya kerja di IPTN (PTDI) selama 16 tahun bersama teman-teman, menjadi anak buah Pak Habibie memproduksi pesawat,” ungkap Oded, Sabtu (22/9/2018).

Oded mengatakan, saat bekerja di PTDI, dia bertugas di bagian pembuatan suku cadang pesawat. Karenanya, dia bangga memiliki andil dalam perakitan pesawat kebanggaan Indonesia CN250 yang diproduksi PTDI. “Jadi, pesawat terbang yang diproduksi PTDI, saya punya andil bikin sparepart-nya,” ujarnya.

Namun, perjalanan itu berakhir pada tahun 1999. Saat itu, PTDI mengalami masa kelam dan memberhentikan sejumlah besar karyawannya, termasuk Oded. Dia mendapat pesangon dan memutuskan untuk membuka usaha. Salah satu bisnis yang dia jalankan berjualan es tong-tong.

BACA JUGA:

Begini Momen Serah Terima Jabatan Wali Kota Bandung dari Emil ke Oded

Oded dan Yana Siap Menjalankan Program 100 Hari Ngabersihan Bandung

Pada masa itu, usahanya berdagang es berbahan baku santan tersebut sempat sukses. Usaha juga berjalan cukup lama, yakni sejak 2000 hingga 2016. Selama berbisnis es tong-tong, Oded mengaku pernah beberapa kali ditawari untuk terjun ke dunia politik. Salah satunya menjadi anggota DPRD Kota Bandung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Tapi, saya enggak ambil. Saya sudah ada planning usaha saat itu. Padahal, ada 1 kursi kosong untuk di DPRD Bandung,” ujarnya.

Ayah dari tujuh putri ini baru pertama kali terjun ke dunia politik pada 2004. Dia memutuskan memilih jalan itu dengan tujuan ingin tetap berdakwah. Memang, suami dari Siti Muntamah ini dikenal sebagai pendakwah. Separuh dari hidupnya selalu diisi dengan berdakwah, mulai dari mimbar ke mimbar hingga ceramah dua kali sebagai legislatif dan eksekutif.

“Dakwah adalah jalan hidup saya. Di mana pun saya selalu berdakwah. Dua periode di legislatif dan satu periode di eksekutif. Cuma bedanya kalau dulu berdakwah, pulangnya suka dikasih amplop sama masyarakat. Kalau sekarang terbalik, saya yang kasih bantuan,” kata Oded sambil tertawa.

Kini, Oded M Danial kembali menjalankan tugas sebagai kepala daerah di Kota Bandung didampingi wakilnya Yana Mulyana untuk periode 2018-2023. Oded berkomitmen akan membawa Kota Bandung lebih baik dan menyempurnakan pembangunan ibu kota Provinsi Jabar ini.

Dia telah menyiapkan sejumlah program pembangunan untuk dilaksanakan selama lima tahun ke depan. Prestasi yang selama ini telah dibangunnya bersama Ridwan Kamil, bakal disempurnakan bersama Yana Mulyana.


Editor : Maria Christina