3 Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur, Ini Pesan Ridwan Kamil

Yogi Pasha ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 12:57 WIB
3 Kepala Daerah Terpilih Dilantik Gubernur, Ini Pesan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) melantik tiga kepala daerah terpilih pemenang Pilkada Serentak 2018 di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (4/12/2018). Kepala daerah yang dilantik yakni pasangan Bupati dan wakil Bupati Tasikmalaya, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar. 

"Alhamdulillah, dua hari terakhir saya melantik para pemimpin di wilayah Jabar. Tadi malam, saya melantik pasangan bupati-wakil bupati Tasikmalaya dan pagi ini melantik bupati dan wakil bupati kuningan serta wali kota dan wakil wali kota Banjar," kata Emil usai pelantikan di Gedung Sate, Selasa (4/12/2018). 

Emil menitipkan tiga pesan kepada para kepala daerah yang akan memimpin di wilayahnya masing-masing selama lima tahun ke depan. Pesan pertama yang diberikan Emil yakni agar para kepala daerah yang baru dilantik harus bisa menjaga intigritas mulai dari level pimpinan sampai aparatur sipil negara (ASN). 

“Kedua, tolong layani masyarakat dengan sepenuh hati. Bawalah perubahan jangan hanya bissunes assusual. Jadilah pemimpin yang turun tangan bukan tunjuk tangan," ujar dia. 

Kemudian, Emil juga berpesan agar kepala daerah bisa meningkatkan profesionalitas para ASN lebih pintar dan cerdas. "Saya punya program, mereka (ASN) bisa dikursuskan di tiga negara yang sudah bekerja sama yakni Singapura, Korea Selatan, dan Amerika Serikat," tambah dia. 

Selain menjaga integritas dan profesionalisme, Emil juga berharap para pemimpin baru di Jabar bisa membantu mewujudkan Jabar sebagai provinsi unggulan dalam bidang pariwisata di Indonesia. 

"Kabupaten Kuningan banyak bukit indah yang luar biasa dan mudah-mudahan kondisi itu bisa jadi primadona di Ciayumajakuning. Mudah-mudahan, para kepala daerah ini bisa menjadi pemimpin di wilayahnya," kata Emil. 

Emil mengungkapkan, Pemprov Jabar akan berusaha dalam mengembangkan potensi pariwisata selama lima tahun ke depan. Sebab, kata dia, potensi pariwisata yang ada di Jabar saat ini belum tertata dengan baik. Sehingga, selama kepemimpinannya lima tahun ke depan akan berkomitmen untuk mengembangkan potensi tersebut. 

"Saya kira, sekarang ini ikhtiar dulu. Karena, potensi Jawa Barat itu sangat luar biasa. Tadi saya sampaikan dalam pidato saya, Jabar itu ibarat permata tapi kurang dipoles. Nah saya akan memolesnya selama lima tahun ke depan," kata dia. 

Menurut Emil, dengan berkembangnya potensi pariwisata di daerah mampu meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat. Melalui pariwisata, perokonomian di daerah bisa bangkit. 

Karena itu, kata dia, Pemprov Jabar akan memfokuskan pengembangan destinasi wisata baru mulai tahun depan. "Menggali potensi akan di mulai tahun depan. Karena, diakhir tahun ini hampir 80 persen dihabiskan untuk mengurus dapur provinsi. Tahun depan akan digenjot. Tapi, diawal pemerintahan saya juga kan sudah dimulai seperti Bekasi. Pangandaran dan sukabumi," ucap dia.


Editor : Himas Puspito Putra