5 Fakta Kecelakaan Maut Avanza Tabrak Truk Fuso di Tol Cipali, Nomor 5 Bikin Haru

Yudy Heryawan Juanda ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 22:05 WIB
5 Fakta Kecelakaan Maut Avanza Tabrak Truk Fuso di Tol Cipali, Nomor 5 Bikin Haru

Mobil Toyota Avanza ringsek tak berbentuk setelah menanbrak truk Fuso di Tol Cipali, Subang, Jabar, Minggu (1/12/2019) pagi. (Foto: iNews/Yudy Heryawqan Juanda)

SUBANG, iNews.id – Enam orang tewas dan satu luka berat setelah mobil Toyota Avanza yang mereka tumpangi menabrak truk Fuso bermuatan motor. Kecelakaan maut itu terjadi di ruas Jalan Tol Cipali, tepatnya pada Kilometer (KM) 113.200, tepatnya di wilayah Cilameri, Subang, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019) pukul 05.00 WIB.

Kecelakaan bermula saat Avanza berpelat nomor B 1076 PVC yang dikemudikan Sutarno (44), warga Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, bergerak dari arah Palimanan menuju Jakarta. Sementara truk Fuso bernomor polisi B 8556 UIO yang dikemudikan Imron Fauzi berada di depannya melaju ke arah yang sama.

Memasuki KM 113.200 arah Cikopo (Jakarta), Avanza yang melaju kencang menabrak bagian belakang truk dengan kecepatan tinggi. Diduga sopir mengantuk dan tak menyadari keberadaan truk tersebut. Berikut 5 fakta kecelakaan Toyota Avanza tabrak truk Fuso di Tol Cipali:

1. Sopir Minibus Diduga Mengantuk

Kecelakaan maut Avanza menabrak truk Fuso di Tol Cipali Subang yang menewaskan enam orang diduga akibat sopir minibus mengantuk hingga tak mengantisipasi keberadaan truk. Sebab di TKP, tak tampak ada bekas pengereman. Seusai menabrak, minibus yang tersangkut sempat terseret hingga sejauh 100 meter dari lokasi awal benturan.

Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani mengatakan, sopir Avanza diduga mengantuk. Hal ini dikuatkan dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tidak ada bekas pengereman kendaraan. “Tol Cipali Subang ini titik lelah. Jadi istirahatlah barang sebentar kalau dirasa sudah lelah atau mengantuk. Sayangilah diri sendiri dan keluarga,” katanya.

BACA JUGA: Kecelakaan Tol Cipali, Avanza Tabrak Truk Pengangkut Motor, 6 Orang Tewas di TKP

2. Enam Orang Tewas dan 1 Luka Masih Satu Keluarga

Kecelakaan maut di Tol Cipali, Subang mengakibatkan enam orang tewas dan satu luka berat. Empat dari enam jenazah korban sudah diketahui identitasnya. Mereka diketahui masih satu keluarga.

Keempat korban tewas yakni, Sutarno (sopir minibus) dan Tutik Kurniawati, keduanya warga Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan; Sukardi (42) warga Kota Tangerang, Banten; Sunarto (33) warga Boyolali, Jawa Tengah. Sedangkan dua jenazah laki-laki belum teridentifikasi. Seluruh jenazah korban masih disemayamkan di RSUD Subang. Sementara satu korban selamat, Partini (41) warga Jagakarsa, Jakarta Selatan masih dirawat intensif akibat luka parah.

“Avanza ini menabrak truk Fuso dari arah belakang. Kecelakaan ini mengakibakan enam orang meninggal dan satu luka berat, termasuk sopir Avanza,” ujar Kasatlantas Polres Subang AKP Bambang Sumitro, Minggu (1/12/2019).

3. Sopir Truk Mengira Ban Meletus

Sopir truk Imron Fauzi mengaku tidak mengetahui saat kendaraannya ditabrak Avanza dari belakang di Tol Cipali, Subang. Dia mengaku hanya mendengar bunyi sesuatu dari arah belakang yang awalnya mengira suara ban meletus.

“Saya mendengar bunyi sesuatu. Awalnya saya kira ban meletus. Lalu ada pengemudi lain menunjuk ke arah belakang. Saya menepi dan kaget saat lihat ke belakang. Waduh ada mobil nempel,” ujar Imron, Minggu (1/12/2019).

BACA JUGA: Pengakuan Sopir Truk usai Kecelakaan Tol Cipali, Kaget Lihat Avanza Nempel di Belakang

4. Avanza Terseret 120 Meter

Toyota Avanza berpelat nomor B 1076 PVC dari arah Palimanan menuju Jakarta yang menabrak truk pengangkut motor nopol B 556 UIO sempat terseret sejauh 120 meter hingga ringsek tak berbentuk akibat kerasnya benturan.

Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tidak ada bekas pengereman kendaraan. “Hasil olah TKP, tidak ada bekas pengereman. Jadi, mobil Avanza ini masuk kolong truk dan terseret sekitar 120 meter. Sopir truk tahunya ada pecah ban terus minggir," katanya.

5. Korban Baru Pulang Usai Antar Ibu Umrah

Kecelakaan tragis yang menewaskan enam orang itu terjadi saat mereka baru pulang seusai mengantar orang tuanya berangkat umrah dari Solo, Jawa Tengah.“Rombongan dari Solo mau ke Jakarta. Habis ngantar ibunya berangkat umrah,” kata Nuryanto, keluarga korban di RSUD Subang.

Menurut Nuryanto, seluruh korban meninggal dunia rencananya dibawa ke Solo untuk dimakamkan di tempat kelahiran mereka. “Rencana mau dibawa ke Solo semua,” ucapnya.

Dia mengaku mendapat kabar kecelakaan yang menimpa mobil rombongan keluarganya dari teman yang berdinas di Subang. “Dapat info dari temen yang tugas di sini,” katanya.

 


Editor : Kastolani Marzuki