62 Kios di Pasar Ujung Berung Bandung Terbakar, Diduga akibat Korsleting Listrik

Mujib Prayitno ยท Senin, 10 Juni 2019 - 08:39 WIB
62 Kios di Pasar Ujung Berung Bandung Terbakar, Diduga akibat Korsleting Listrik

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar puluhan kios di Pasar Ujung Berung Bandung, Jawa Barat, Senin (10/6/2019). (Foto: iNews/Mujib Prayitno)

BANDUNG, iNews.id – Kebakaran besar melanda Pasar Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu malam (9/6/2019). Sedikitnya 62 kios hangus terbakar dalam musibah itu. Api diduga akibat korsleting listrik.

Kobaran api baru berhasi dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran pada Senin (10/6/2019), pukul 01.00 WIB, setelah mengerahkan 14 unit mobil pemadam kebakaran. Petugas juga membongkar sejumlah kios yang tetutup oleh rolling door untuk mengantisipasi kobaran api merembet ke kios lainnya.


BACA JUGA: Minimarket di Stasiun Pasar Senen Terbakar


Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Pemkot Bandung, Dadang Iriana mengatakan, api diduga berasal dari korsleting listrik di kios buah-buahan. Api kemudian langsung merambat ke kios penjual petasan dan kembang api di sebelahnya.

“Api dengan cepat merembet ke kios-kios lain. Bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat kios-kios mudah terbakar. Kurang lebih enam jam, api berhasil dikendalikan dan selanjutnya kami langsung melakukan pendinginan,” ujar Dadang, Senin dini hari.


BACA JUGA: Kebakaran di Tapanuli Selatan, 5 Bocah Tewas Terpanggang


Hingga pagi tadi, petugas masih melakukan pendinginan di lokasi puluhan kios yang terbakar untuk mengantisipasi api kembali muncul. Pasalnya, masih banyak bahan yang mudah terbakat dan sisa kembang api di salah satu kios.

Sementara para pemilik kios yang berdekatan dengan puluhan kios yang terbakar mengevakuasi barang dagangan mereka ke tempat yang aman. Puluhan kios yang terbakar di Pasar Ujung Berung berada di bagian depan lantai 1 dan di bagian lantai dua pasar.


Editor : Maria Christina