7 Rumah di Bogor Tertimpa Bangunan Mal yang Ambrol akibat Hujan Deras, 4 Orang Luka

Furqon Munawar ยท Minggu, 13 Oktober 2019 - 12:36 WIB
7 Rumah di Bogor Tertimpa Bangunan Mal yang Ambrol akibat Hujan Deras, 4 Orang Luka

Kondisi salah satu bangunan rumah yang tertimbun bangunan mal yang longsor akibat hujan deras di Bogor, Jabar, Sabtu (12/10/2019). (Foto: iNews.id/Furqon Munawar)

BOGOR, iNews.id – Bangunan turap proyek mal di kawasan Tajur Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) ambrol tergerus air akibat hujan deras, Sabtu (12/10/2019). Akibatnya tujuh rumah warga tertimbun, puluhan lainnya terkena dampak akibat endapan lumpur, empat warga luka dan puluhan kepala keluarga mengungsi.

Ambrolnya bangunan Mal Boksis di Kampung Sukajaya, Kelurahan Tajur, Kota Bogor ambrol diduga karena tak kuat menahan beban saat hujan turun. Rizki, salah seorang warga mengalami luka di bagian kaki saat berusaha menyelamatkan diri.

“Saat selesai mandi, tiba-tiba ada suara gemuruh dan atap rumah jatuh,” katanya.

Rizki dan beberapa anggota keluarganya sempat terjebak reruntuhan atap. Dia berusaha keluar sendiri karena tidak ada warga yang bisa dimintai tolong saat kejadian.

BACA JUGA: Hujan Batu di Purwakarta akibat Aktivitas Tambang, 7 Rumah dan 1 Madrasah Rusak

Dia mengaku menderita luka di bagian kaki akibat tertimpa atap rumah. Tulang kering luka, dan empat jari kaki mengalami robek, memar di tangan dan punggung.

Menurut Ketua Rukun Warga (RW) setempat, Bakroni, warga yang terdampak peristiwa ini diungsikan ke rumah tetangga terdekat karena takut adanya longsor susulan. Sementara pihak mal menurutnya berkomitmen akan mengganti semua kerusakan bangunan termasuk barang-barang yang rusak.

Proses pengganytian belum ada realisasi. Dan saat ini, pihak kecamatan dan beberapa tokoh masyarakat sedang mengadakan pertemuan dengan pihak mal.

BACA JUGA: 2 Buruh Bangunan Tewas Tertimpa Longsoran Tebing di Kintamani Bali

“Ada tiga rumah yang rusak parah, dan pembangunan mal di atas belum ada selokannya,” katanya.

Bantuan sementara bagi warga terdampak, berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota bogor berupa makanan, minuman dan peralatan tidur.


Editor : Umaya Khusniah