Air di Waduk Jatiluhur Menyusut Drastis, Listrik Jawa-Bali Terancam

Yogi Pasha ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 16:38 WIB
Air di Waduk Jatiluhur Menyusut Drastis, Listrik Jawa-Bali Terancam

Volume air di Wadik Jatiluhur, Jawa Barat menyusun drastis hingga tinggal 13 meter. Kondisi itu bisa mengancam pasokan listrik Jawa-Bali. (Foto: SINDOnews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengambil keputusan untuk segera melakukan modifikasi cuaca pekan depan. Hujan buatan ini untuk mengantisipasi krisis air yang terjadi di sejumlah waduk besar di Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, musim kemarau panjang yang terjadi di wilayah Jabar telah membuat kondisi air di Waduk Jatiluhur mengalami penuruan drastis hingga 13 meter. Kondisi itu dinilai sangat luar biasa karena dapat menggangu pasokan listrik Jawa-Bali.

"Air di Bendungan (Waduk) Jatiluhur sudah turun kurang lebih minus 13 meter. Ini sangat luar biasa bisa mengganggu pasokan listrik Jawa-Bali," kata Emil di Gedung Sate, Jumat(12/10/2018).

Melihat kondisi alam tersebut, kata Emil, Pemprov Jabar telah mengambil keputusan untuk segera melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan di wilayah bendungan yang krisis air. Hujan buatan yang akan dilakukan bersama BBPT itu diharapkan bisa membuat pasolam air di sejumlah bendungan kembali normal.

"Saya ambil keputusan pagi ini. Mulai minggu depan, minimal 20 kali atau lebih kita akan memulai dengan BBPT melakukan program modifikasi cuaca," ujar dia.

BACA JUGA: Kemarau Panjang, Pemprov Jabar Segera Bikin Hujan Buatan Minggu Depan

Selain mengantisipasi berkurangnya produksi listrik, cadangan air ini juga bisa membuat pengolahan air PDAM di sejunlah daerah kembali normal. "Saya dengar krisis air dimana-mana. PDAM juga kekuraangan pasokan air bersih karena air bakunya tidak ada. Dengan rekayasa teknologi ini Mudah-mudahan krisis air bisa kita kurangi," ungkap dia.

Emil menyebutkan, persoalan pasokan air dalam jangka panjang juga sedang dipersiapkan. Pemprov Jabar sedang mempersiapkan danau buatan yang berada di sepanjang aliran Sungai Citarum. "Jadi selain Danau Cieunteung, kita juga sedang cari lahan nganggur di sepanjang Citarum.  Itu kita usulkan untuk dibikin danau buatan," kata dia. 

 


Editor : Kastolani Marzuki