Aktivis Hewan Demo Pelecehan Seksual Beruang Bimo di Cimahi

Yuwono ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 16:58 WIB
Aktivis Hewan Demo Pelecehan Seksual Beruang Bimo di Cimahi

Pawang sirkus memberi makan sambil memegang organ genital beruang madu bernama Bimo dalam pertunjukan di Cimahi Mal, Kota Cimahi, Jawa Barat. (Foto: iNews.id/Yuwono)

CIMAHI, iNews.id - Puluhan aktivis yang tergabung dalam masyarakat antisirkus hewan Indonesia berunjuk rasa di depan area sirkus Cimahi Mal, Kota Cimahi, Jawa Barat. Aksi tersebut untuk memprotes pelecehan seksual yang dilakukan pawang sirkus kepada beruang bernama Bimo.

Tindakan tak senonoh pawing sirkus itu terekam video yang viral di media sosial dan menuai respons negative dari para netizen khususnya aktivis antisirkus, Rabu (13/2/2019) lalu.

Dalama tayangan video yang viral itu, tampak pawang sirkus berkeliling sambil memegang kemaluan beruang Bimo untuk konsumsi hiburan para penonton sirkus.

Koordinator aksi, Marison Guciano mengatakan, beruang madu bernama Bimo asal Sumatera ini merupakan salah satu bintang langka yang perlu dijaga dan dilestarikan. Hewan tersebut juga dilindungi Undang-Undang Bo 5 Tahun 1990 terkait Satwa Dilindungi.

“Pelecehan seksual dan ekploitasi beruang itu jelas melanggar UU tentang Satwa. Bimo (beruang madu) itu bukan objek kekerasan seksual. Jadi stop ekspolitasi hewan,” kata Marison.

BACA JUGA:

Hilang di Hutan 3 Hari, Bocah 3 Tahun Diselamatkan Beruang Hitam

Kisah Mashka Si Beruang Kesepian yang Ditolak di 'Kampungnya'

Karena itu, Marison dan pengunjuk rasa lainnya meminta pertunjukkan sirkus dihentikan termasuk ekpsloitasi terhadap hewan lain seperti berang-berang dan lumba-lumba yang menjadi objek penghibur penonton dengan perilaku tidak lazim. 


Editor : Kastolani Marzuki