Ambles 5 Meter, Jalan Penghubung Kuningan-Ciamis Mulai Diperbaiki

Yogi Pasha ยท Jumat, 30 November 2018 - 15:36 WIB
Ambles 5 Meter, Jalan Penghubung Kuningan-Ciamis Mulai Diperbaiki

Ilustrasi perbaikan jalan ambles di Kuningan. (Foto: Sindonews)

KUNINGAN, iNews.id - Jalan nasional di Desa Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), yang ambles sedalam 5 meter akhirnya dalam proses perbaikan.

Sejumlah alat berat serta petugas dari dinas terkait mulai bekerja di titik ambles jalan yang menjadi penghubung Kabupaten Kuningan-Majalengka dan Ciamis itu.

Jalan tersebut dikabarkan ambles pada Rabu (28/11/2018) pagi, setelah diguyur hujan deras beberapa hari terakhir. Penyebabnya, diduga karena ada sumbatan yang membuat gorong-gorong tidak berfungsi normal.

BACA JUGA: Jalan Ambles Sedalam 10 Meter di Dairi Ancam Keselamatan Pengendara

Pantauan iNews.id, lalu lintas kendaraan di jalur ini mengalami kemacetan cukup panjang akibat pengaturan sistem buka tutup yang diberlakukan petugas.

Sejumlah alat berat diturunkan untuk mengeruk tanah, dan membongkar separuh jalan serta gorong-gorong yang tampak rusak.

Warga sekitar, Odin mengatakan, kerusakan jalan tersebut akibat hujan deran yang mengguyur kawasan Kuningan beberapa hari sebelum kejadian.

BACA JUGA: Jalan Ambles, Sejumlah Desa di Kecamatan Mardinding Karo Terisolasi

Menurut dia, kerusakan jalan kemungkinan karena saluran air tidak berfungsi dengan baik, sehingga tanah bergerak, dan ambles.

"Kemungkinan saluran air di bawah jalan tersumbat dan hancur. Sehingga air juga menggerus pondasi tanah jalan," kata dia.

Perugas berupaya menyelesaikan pekerjaan jalan dalam waktu singkat. Sebab, jalan nasional ini merupakan jalan penghubung satu-satunya dari Kabupaten Kuningan-Majalengka menuju Ciamis.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal