Anggota DPRD Kecewa Bupati Indramayu Anna Shopanah Mengundurkan Diri

Toiskandar ยท Selasa, 06 November 2018 - 18:32 WIB
Anggota DPRD Kecewa Bupati Indramayu Anna Shopanah Mengundurkan Diri

Bupati Indramyu Ana Sophanah. (Foto: istimewa)

INDRAMAYU, iNews.id - Bupati Indramayu Jawa Barat, Hajjah Anna Shopanah mengajukan surat pengunduran diri sebagai bupati. Surat tersebut sudah dikirimkan Anna ke DPRD Indramayu.

Surat pengunduran diri Anna itu langsung mendapat reaksi dari anggota DPRD dan masyarakat. Mereka menyayangkan langkah bupati tersebut.

Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Indramayu, Alam Sukmajaya mengatakan, surat pengajuan pengunduran diri Anna Shopanah itu masuk ke Sekretariat DPRD pada Selasa, 30 Oktober 2018.

Dalam surat pengunduran diri itu, Anna beralasan ingin mengurus keluarga terutama kedua orang tuanya yang saat ini sedang sakit. “Alasannya itu, ingin mengurus keluarga dan suaminya, serta orang tuanya yang tengah sakit-sakitan. Sehingga takut tidak fokus dalam menjalankan tugas sebagai bupati,” kata Alam, Selasa (6/11/2018).

Anggota Bamus Fraksi PDIP, Abdul Rohman mengaku kecewa dan menyayangkan langkah bupati yang memilih mengundurkan diri. Sebab, Anna yang baru menjabat selama 32 bulan (dua tahun delapan bulan) Anna belum menunjukan prestasi kepada masyarakat. “Selain itu, janji kampanye dirinya akan mensejahterakan masyarakat Indramayu hingga kini belum terlaksana,” katanya.

BACA JUGA: Terima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu, Emil Lapor ke Mendagri

Menurut Abdul Rohman, alasan Anna mengundurkan diri sebagai bupati karena ingin mengurus keluarga dan orang tuanya yang sakit tidak tepat. Sebab, dalam undang-undang kepemimpinan, bupati bisa mengundurkan diri jika sakit berat, terjerat kasus hukum, dan kematian. “Kalau alasannya ingin mengurus keluarga dan orang tua ya jelas tidak tepat,” katanya.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku telah menerima surat pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah. Surat pengunduran diri itu segera dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

“Sudah terima, memang namanya orang mengundurkan diri artinya sudah merasa tidak memungkinkan berada di posisi itu. Saya kira nanti di-follow up. Nanti di-forward ke Kemendagri. Harap diingat gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri,” ujar Ridwan di sela-sela Pameran Buku Juara di Landmark, Jalan Braga, Selasa (6/11/2018).


Editor : Kastolani Marzuki