Angin Puting Beliung Rusak Rumah dan Kios Warga di Garut

Antara ยท Senin, 08 Oktober 2018 - 21:00 WIB
Angin Puting Beliung Rusak Rumah dan Kios Warga di Garut

Ilustrasi angin puting beliung. (Foto: Okezone)

GARUT, iNews.id - Angin puting beliung menerjang kawasan perkotaan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (8/10/2018). Akibatnya, sejumlah rumah penduduk dan beberapa bangunan kios rusak. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria mengatakan, peristiwa tersebut terjadi tepatnya di Kampung Kaum Lebak, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota.

"Angin yang bergerak dari arah timur menuju barat dengan kecepatan tinggi dan menyapu apa saja yang dilaluinya sehingga banyak atap rumah beterbangan," katanya, Senin (8/10/2018).

Dia menuturkan, angin kencang itu datang secara tiba-tiba sekitar pukul 12.00 WIB kemudian menghantam bangunan yang dilintasinya.

Selain merusak rumah penduduk, gerobak yang biasa dijadikan warga tempat berjualan rusak diterjang angin puting beliung. "Gerobak yang mangkal di tepi jalan pun banyak yang roboh akibat dari angin tersebut," katanya.

Komandan Koramil Garut Kota, Kapten Inf Damo menambahkan, hasil peninjauan di lapangan hanya satu kelurahan daerah yang terdampak angin puting beliung.

Angin tersebut, kata dia, merusak bagian atap rumah, gerobak bahkan kandang ternak dan tempat pemancingan milik warga. "Untuk korban jiwa tidak ada, informasi yang kita terima hanya kerugian materi saja," katanya.


Editor : Himas Puspito Putra